8 Fakta Menarik tentang TikTok

14
Fakta menarik tentang TikTok.

Jejaring sosial Tik Tok menginspirasi setiap penggunanya untuk meluapkan ekspresi melalui video pendek untuk kemudian dibagikan.

Tapi dari mana aplikasi ini tiba-tiba muncul dan mengapa menjadi begitu populer?

Berikut adalah 8 fakta utama tentang TikTok.

1. TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh secara global pada tahun 2020.

TikTok diunduh hampir 115 juta kali pada Maret 2020 lalu, dan menjadikannya sebagai Aplikasi yang paling banyak diunduh dalam satu bulan. Pertambahan unduhan dipercepat oleh pandemi COVID-19 karena banyak orang menghabiskan waktu di dalam ruangan dengan ponsel mereka.

2.TikTok disebut Douyin di Cina.

Awalnya aplikasi TikTok diluncurkan pada 2016 dan dibuat oleh Bytedance di China. Mereka menyebut aplikasi “Douyin” dan kemudian meluncurkannya ke pasar internasional pada 2017 sebagai TikTok.

Douyin adalah aplikasi yang persis sama dengan TikTok, namun di China, aplikasi ini menarik kalangan yang sedikit lebih tua, dengan pengguna mulai dari anak-anak hingga orang dewasa paruh baya.

3. Sekitar 41% pengguna TikTok berusia antara 16-24 tahun.

TikTok dirancang dengan mempertimbangkan kalangan yang lebih muda. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan diri mereka melalui akting, menari, dan bernyanyi.

Pada tahun 2019, sebuah survei menunjukkan bahwa 41% pengguna berusia antara 16-24 tahun, dan tidak mengherankan mengingat peran aplikasi sebagai media pembuat konten sebagai wadah ekspresi diri.

4. TikTok awalnya bernama Musical.ly.

Musical.ly diluncurkan pada tahun 2014; yang merupakan aplikasi perekem video pendek untuk berkaraoke atau bernyanyi.

Pada 9 November 2017, perusahaan China Bytedance, pendiri TikTok membeli Musical.ly seharga $1 miliar USD. TikTok berharap untuk mengambil alih pasar dan menarik pengguna yang lebih muda.

Penggabungan tersebut terjadi pada 2 Agustus 2018, menyatukan pengguna TikTok dan akun Musical.ly untuk membentuk satu komunitas.

TikTok adalah aplikasi yang tersedia secara global, kecuali di Cina di mana ia tetap menjadi versi terpisah yang disebut Douyin.

5. Pada tahun 2019, TikTok memperkenalkan iklan yang mendorong pengguna untuk beristirahat dari aplikasi.

Pada tahun 2019 sebagai bagian dari fitur konten TikTok “You’re in Control” , tujuannya untuk membantu dan mengingatkan penggunanya.

TikTok membuat iklan untuk mengingatkan pengguna agar berhenti menggunakan aplikasi. Kampanye ini bekerja sama dengan selebritas TikTok untuk mendorong pengguna minum air atau mendapatkan makanan, karena terkadang Anda bisa tersesat di aplikasi sehingga lupa mengurus diri sendiri.

6.TikTok dilarang di India.

Pada tahun 2020, TikTok telah diunduh lebih dari 611 juta kali di India, atau sekitar 30% dari total unduhan global.

Melebihi total unduhan di AS, dengan 200 juta unduhan pada 2021.

Namun, pada 29 Juni 2020, Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi memblokir penggunaan aplikasi Tiktok di India.

7. Rata-rata total waktu yang dihabiskan di TikTok per hari adalah 52 menit.

Statistik dari Businessofapps mengungkapkan bahwa pada tahun 2019 rata-rata total waktu yang dihabiskan pengguna di TikTok adalah 52 menit per hari.

Pengguna rata-rata akan membuka aplikasi delapan kali per hari dan menghabiskan sekitar 6-7 menit di aplikasi. Dibandingkan dengan aplikasi media sosial lainnya, seperti pengguna Instagram menghabiskan sekitar 53 menit per harinya.

8. Pada tahun 2021, Total pendapatan TikTok bernilai $140 miliar USD.

TikTok menggandakan pendapatan tahunannya lebih dari dua kali lipat pada 2019. Pada akhir 2018, nilainya $7,4 miliar dan mencapai $17 miliar pada akhir 2019.

TikTok bernilai $75 miliar USD pada awal 2020, yang menjadikannya perusahaan milik pribadi paling berharga di dunia.

Namun, pada tahun 2021, nilainya mencapai $140 miliar USD.

Selain menjadi aplikasi yang menguntungkan, rata-rata bintang TikTok dapat menghasilkan antara $50.000 hingga $150.000 per tahun.

TikTok telah menjadi salah satu aplikasi dan platform media sosial paling populer dan paling sering digunakan di dunia.(*)