6 Oleh-oleh Khas Makassar yang dicari Pelancong

123

Oleh oleh khas Makassar yang paling dicari wisatawan atau pelancong saat berada dikota Daeng. Bukan hanya wisatawan lokal dan domestik saja, tetapi hingga mancanegara. Tentu saja mereka menginginkan oleh-oleh tersebut untuk dibeli dan dijadikan kenang-kenangan karena sudah pernah berkunjung sekaligus berlibur ke Kota Makassar.

Mungkin oleh-oleh tersebut berwujud kuliner, seperti makanan atau minuman. Pasalnya, tiap kota atau daerah dipastikan mempunyai kuliner ciri khasnya masing-masing yang jua bisa dijadikan daya tarik berkunjung wisatawan. Kuliner tersebut hanya ada di kota yang bersangkutan dan tidak dijual di kota lain. Ternyata, bukan hanya produk kuliner saja yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berlibur ke daerah tertentu. Begitu juga saat Anda berlibur ke Kota Makassar yang pastia da oleh-oleh khasnya dari sana yang bisa Anda bawa pulang.

Lalu, apa saja oleh oleh khas Makassar yang banyak dicari oleh wisatawan? Berikut informasinya untuk Anda terutama yang belum mengetahuinya.

1. Otak-otak Ikan Tenggiri

otak
Otak-otak ikan tenggiri khas Kota Makassar mempunyai citarasa yang berbeda. Tentu saja akan memanjakan lidah Anda saat mencicipinya. Kelezatan ikan tenggiri yang sudah diberi bumbu beraroma rempah-rempah khas Indonesia Timur. Lalu, dibalut dengan daun pisang agar aroma otak-otak di dalamnya semakin wangi. Setelah itu, barulah dibakar di atas bara hingga matang. Anda bisa menemukan dan membeli kuliner yang satu ini di sepanjang Pantai Losari. Anda bisa mencicipi di tempat dan jangan lupa membawanya pulang untuk oleh-oleh.

2. Kain Tenun Khas Bugis

tenun sulsel
Kain tenun khas Bugis yang mempunyai warna, corak, dan motif yang sangat bagus. Bukan hanya itu saja, tetapi bahan kain yang dipakai juga berkuaitas. Mulai dari kain katun yang bisa menyerap keringat dan halus di kulit, hingga kain sutra yang harganya mahal. Anda pun bisa memilihnya sendiri kualitas dan harga dari kain tenun khas Bugis tersebut. Disesuaikan saja dengan budget atau anggaran keuangan yang Anda miliki. Selanjutnya, kain tenun tersebut bisa dijadikan sarung untuk beribadah, dijadikan bahan pakaian, atau yang lainnya.

3.Kopi Toraja

Produk kopi toraja dalam kemasan
Tidak ada salahnya Anda membeli Kopi Toraja ini untuk dijadikan oleh oleh khas Makassar. Anda bisa menyimpannya di rumah dan sewaktu-waktu bisa dibuat menjadi minuman kopi hangat yang nikmat. Anda juga bisa memberikannya kepada orang tercinta dan terdekat terutama mereka yang menyukai minuman kopi. Pasalnya, tidak semua orang menyukai minuman kopi sehingga Anda harus mengenal orangnya terlebih dulu.

4.Sirup DHT

Sirup DHT
Sirup DHT adalah sejenis sirup yang terbuat dari olahan pisang Ambon. Mungkin rasanya seperti sirup Campolay, tetapi tetap ada cita ras khas yang membedakannya. Sirup tersebut bisa Anda jadikan minuman hangat atau dingin. Selain itu, sirp DHT juga bisa dituangkaan pada roti atau makanan kecil sebagai topingnya. Dijamin, rasanya semakin enak dan lezat. Anda bisa membeli sirup DHT tersebut dalam kemasan botol dengan harga cukup terjangkau. Sekali lagi, sirup DHT hanya diproduksi dan dijual di Kota Makassar saja, sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda beli sebagai oleh-oleh saat pulang dari sana.

5.Kacang Sembunyi

kacang-sembunyi-
Kacang Sembunyi dijual sudah dalam kemasan plastik dan bisa segera Anda cicipi. Daripada bengong tidak melakukan apa-apa saat perjalanan pulang dari berlibur dari Makassar. Lebih baik Anda memakan kacang sembunyi tersebut yang sangat cocok dibuat cemilan. Silakan anda membelinya beberapa plastik karena harganya cukup terjangkau di kantong. Anda bisa membelinya di sekitar objek wisata di sana atau langsung menuju toko menjual oleh oleh khas Makassar.

6.Minyak Tawon

minyak gosok
Minyak Tawon merupakan produk legenda di Makassar yang banyak dicari oleh pengunjung, Minyak ini punya banyak manfaat yang terbukti ampuh mengobati luka dan masalah kulit. Tahukah Anda minyak gosok cap tawon kini sudah berhasil menembus pasar internasional. Dengan negara tujuan seperti Eropa, Amerika dan Asia, kini minyak gosok tersebut sudah mencapai angka produksi 300.000 botol per bulannya.

Semoga Bermanfaat.