5 Penyebab Sistem Kekebalan tubuh Anda menurun

Memasuki musim penghujan, tubuh akan beradaptasi dengan kondisi cuaca. Disinilah tubuh butuh keseimbangan dalam menangkal segala jenis penyakit. Saat Anda merasa tubuh Anda gampang sakit, itu tandanya tubuh Anda mengalami penurunan kemampuan untuk melawan bakteri, virus, dan benda asing lain yang dapat menyebabkan penyakit. Jika sistem imun lemah, maka tubuh tidak dapat mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan. Lalu, faktor apa yang menyebabkan imunitas tubuh melemah? Berikut ulasannya :

Asupan Nutrisi kurang
Konsumsi makan-makanan bergizi, seperti buah, sayur, dan sumber gandum utuh membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dengan menyediakan vitamin, mineral, dan antioksidan. Sebaliknya, hindari konsumsi makan makanan berlemak, terutama lemak jenuh yang cenderung menekan sistem kekebalan tubuh. Sebagai salah satu contoh, jika Anda kekurangan asupan vitamin C, maka Anda akan gampang sakit. Vitamin C diperlukan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi tubuh dari penyakit jantung, mata dan kerutan pada kulit.

Jarang Berolahraga
Olahraga secara rutin meningkatkan pengaturan sistem imun, sekaligus menunda kemunculan disfungsi tubuh terkait usia. Selain itu, olahraga juga meningkatkan sirkulasi darah dan memiliki efek anti-inflamasi bagi dalam tubuh. Olahraga juga dapat meningkatkan kemampuan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah, serta bertujuan untuk mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Oleh karena itu, jika Anda termasuk jarang berolahraga, sistem kekebalan tubuh Anda akan menurun. Jadi, usahakan untuk berolahraga 20-30 menit setiap hari.

Stres
Stres juga dapat menurunkan kekebalan tubuh? Ketika pikiran dipenuhi oleh hal-hal negatif, lama-kelamaan akan memunculkan stres yang akhirnya malah membuat kacau apa yang sedang Anda jalani. Ternyata, banyak penyakit yang disebabkan oleh pikiran dan stres. Stres termasuk ke dalam penyakit pikiran yang berakibat pada penurunan sistem imun tubuh. Saat stres, sistem imun berkurang dan membuat tubuh menjadi lemas, kurang bersemangat, dan mudah sakit. Stres yang berlebihan juga bisa membuat tubuh letih dan melemahkan hormon adrenalin, serta menurunkan sistem imun. Oleh karena itu, kelola stres dengan baik dan alihkan dengan melakukan hobi atau aktivitas yang dapat menyegarkan pikiran Anda.

Istrahat yang kurang
Sistem kekebalan tubuh akan melemah jika kurang istrahat termasuk kurang tidur. Selama kita tidur, tubuh melepaskan protein sitokin, yaitu protein yang sangat diperlukan ketika kita sedang mengalami stres, infeksi, atau peradangan. Kurang tidur bisa mengganggu produksi protein sitokin yang menyebabkan antibodi dan sel untuk melawan infeksi turut berkurang. Orang dewasa sebaiknya mencukupi waktu tidur setiap malamnya dengan tujuh sampai delapan jam waktu tidur untuk menjaga imunitas tubuh.

Dehidrasi
Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh bergantung pada air? Setiap jaringan dan organ dalam tubuh membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel dan menjaga tenggorokan, hidung, serta mulut tetap lembab. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas per harinya. Tubuh terdiri dari 60% air. Sehari-hari, Anda kehilangan cairan melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat, dan bahkan saat bernapas. Saat dehidrasi, tubuh menjadi cepat lelah, sehingga daya tahan tubuh melemah yang berujung pada infeksi virus atau bakteri yang semakin mudah.