5 Penyebab munculnya Sakit pada Tulang Ekor

74

Umumnya, penyebab sakit di tulang ekor karena ada penyakit tertentu. Namun, rasa sakit yang muncul di tulang ekor terkadang tanpa diketahui penyebabnya. Sakit di tulang ekor ringan umumnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun, pada kondisi sakit di tulang ekor yang cukup parah hingga mengalami mati rasa, lumpuh, atau lemas maka Anda perlu mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan khusus.

Rasa sakit di tulang ekor karena di sekitar area ini terdapat banyak otot, ligament, serta saraf. Letaknya yang berada di ujung bawah tulang belakang berfungsi untuk menopang berat tubuh dan menjaga postur tubuh saat duduk. Apabila tulang ekor mengalami gangguan, maka dapat muncul rasa sakit. Untuk bisa mengatasi sakit di tulang ekor, Anda perlu mengetahui penyebab sakit di tulang ekor terlebih dahulu.

Berikut penyebab sakit di tulang ekor yang dirangkum dari berbagai sumber.

Terlalu Lama Duduk
Penyebab sakit di tulang ekor pertama dikarenakan kebiasaan duduk terlalu lama. Duduk dalam posisi yang tidap tepat dalam jangka waktu lama dapat memberikan banyak tekanan pada tulang ekor. Hal tersebut bisa menimbulkan rasa sakit yang akan bertambah parah saat Anda duduk terlalu lama.

Kelebihan Berat Badan
Penyebab sakit di tulang ekor berikutnya adalah kelebihan atau kekurangan berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberikan tekanan berlebih pada tulang ekor, terutama saat Anda duduk.Sedangkan pada seseorang yang terlalu kurus, tidak ada cukup bantalan lemak di bokong untuk mencegah tulang ekor bergesekan dengan jaringan di sekitarnya.

Faktor Usia
Seiring bertambahnya usia, tulang rawan yang membantu menahan tulang ekor akan semakin rapuh. Selain itu, tulang-tulang yang membentuk tulang ekor menjadi semakin rapat. Kondisi ini dapat menimbulkan lebih banyak tekanan pada tulang ekor dan menimbulkan rasa sakit.

Penyakit Sendi Degeneratif
Penyakit sendi atau kondisi sendi yang semakin melemah akibat penuaan atau gerakan berulang dapat menimbulkan rasa dakit di tulang ekor. Beberapa contoh penyakit sendi yang bisa menyebabkan keluhan ini adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Cedera Tulang ekor
Penyebab sakit di tulang ekor berikutnya adalah cedera pada tulang ekor. CEdera di punggung bagian bawah merupakan penyebab sakit di tulang ekor yang paling sering terjadi. Kondisi ini ditandai dengan memar, retak, patah, atau pergeseran pada tulang ekor. Cedera tulang ekor dapat dipicu atau disebabkan oleh jatuh dalam posisi duduk, aktivitas yang menimbulkan tekanan berulang atau gesekan pada tulang ekor untuk jangka waktu yang lama, dan duduk terlalu lama di atas permukaan yang keras.