4 Tips menghemat Uang Belanja Bulanan

70

Setelah menerima upah atau gaji bulanan, biasanya seorang karyawan harus menyisikan uang belanja selama sebulan. Berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk belanjaan setiap bulan?. Apakah Anda sudah mempertimbangkan kejadian terburuk, dimana Anda harus menunggu gajian akan tetapi uang untuk belanja sudah habis terpakai?.

Untuk menghemat biaya, segala kebutuhan selama sebulan mesti harus dipertimbangkan termasuk memangkas biaya untuk mmbeli kebutuhan bulanan rumah tangga. Berikut beberapa tips agar Anda tidak boros saat belanja bulanan :

Buat Perencanaan
Perencanaan tertulis akan membantu mengingat apa yang sebenarnya masih tersedia di rumah. Hal ini juga untuk membatasi Anda membeli kebutuhan yang sebenarnya tidak penting. Tulis resep makanan apa yang ingin di masak agar saat membeli bahan tidak ada yang terlewat atau tidak berlebihan. Dengan begitu uang Anda tidak terbuang sia-sia.

Belanja di pasar tradisional
Pasar tradisional tidak seburuk yang Anda pikirkan. Banyak penawaran menarik di pasar lokal. Saat berbelanja, harga yang dibayarkan akan lebih rendah dibandingkan dengan berbelanja di supermarket sehingga terjangkau. Di pasar tradisional juga tersedia bahan makanan seperti sayur dan daging yang lebih lengkap.

Produk yang dijual di pasar petani biasanya baru dipetik dan belum disimpan di gudang atau truk, yang sering kali terjadi pada produk supermarket sehingga akan lebih segar.

Daftar jadi Member
Jika sering berbelanja di toko tertentu dan menawarkan program loyalitas atau kartu pelanggan yang sering berbelanja, ada baiknya Anda mendaftar. Hal tersebut dapat menguntungkan karena Anda akan diberi kupon penawaran atau diskon pada harga jual produk yang disesuaikan dengan preferensi belanja. Beberapa program loyalitas juga memberi uang kembali atau memungkinkan untuk mengumpulkan poin saat berbelanja.

Simpan buku harga
Kunci untuk menghemat uang di supermarket adalah tidak membayar harga penuh untuk apa pun. Banyak toko mengikuti siklus penjualan di mana mereka menandai barang secara bertahap. Menguraikan siklus penjualan dan menyimpan saat produk yang digunakan berada pada harga terendah adalah salah satu cara untuk menghemat belanjaan. Untuk melacak harga, Anda dapat membuat buku harga. Buku tersebut digunakan untuk melacak harga bahan makanan yang sering dibeli. Tujuannya adalah untuk menghindari pengeluaran berlebihan untuk hal-hal penting yang paling sering Anda gunakan dengan membelinya ketika harganya lebih rendah.(*)