4 Manfaat Labu Siam untuk Kecantikan

120
Labu Siam

Sejak dahulu kala labu siam sudah dikonsumsi karena khasiatnya untuk kesehatan. Bahan pangan ini juga memiliki manfaat kecantikan jika dikonsumsi secara teratur. Menurut Wesley McWhorter, M.S., R.D., chef dan pakar gizi di UTHealth School of Public Health seperti dilansir Shape, labu siam termasuk sayuran yang kaya gizi. Kandungan nutrisi yang dimilikinya antara lain antioksidan berupa vitamin B, vitamin C, kalium, dan asam amino.

Bicara soal vitamin, satu buah labu siam mengandung 0,1 miligram vitamin B6, 10,2 mg vitamin C, 0,2 mg vitamin E, dan 5,4 mikrogram vitamin K.
Setelah membahas nutrisinya, selanjutnya kita akan membahas khasiat kecantikan yang bisa didapat dari konsumsi labu siam secara teratur.

1. Detoksifikasi dan Mengatasi Bloating
Menurut artikel yang dilansir Elma Skincare, teh herbal yang dibuat dari labu siam memiliki khasiat diuretik ringan. Minum teh ini akan membantu proses detoksifikasi lewat air seni.

Teh dari labu siam juga kerap digunakan untuk mengatasi bloating. Minum teh ini tiap kali Anda merasa wajah sembap dan perut membuncit.

2. Mencegah Jerawat
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, labu siam mengandung vitamin C cukup tinggi. Konsumsi sayuran ini secara teratur bisa memberikan manfaat untuk kulit yang bermasalah dengan jerawat. Pasalnya vitamin C memang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan kulit.

3. Memperlambat Munculnya Gejala Penuaan
Menurut artikel yang dilansir Healthline, konsumsi makanan yang tinggi antioksidan bisa memperlambat munculnya gejala penuaan, karena antioksidan akan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Labu siam kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan kuat. Selain melindungi kulit dari radikal bebas, vitamin C juga menjadi ‘bahan bakar’ untuk memproduksi kolagen. Kolagen ini diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit.

4. Melancarkan Pencernaan dan Membantu Diet
Labu siam termasuk bahan makanan yang kaya serat dan rendah kalori. Satu cangkir labu siam cuma mengandung 25 kalori, 0,2 gram lemak, dan 6 gram karbohidrat. Sementara serat yang dikandung satu buah labu siam bisa mencapai 3,5 gram.

Berkat kandungan serat dan kalorinya yang rendah, labu siam bisa menjadi bahan pangan pendukung diet. Sayuran ini juga akan menjadikan pencernaan lancar.

Itulah berbagai manfaat kecantikan yang bisa didapat dari konsumsi labu siam secara teratur.