3 Rekomendasi Aplikasi Kamera untuk Smartphone

125
Ilustrasi Aplikasi-Kamera

Kini dengan keberadaan smartphone, semua orang dapat merasakan memiliki kamera. Ada banyak smartphone yang sekaligus menawarkan spesifikasi kamera dengan resolusi yang mumpuni untuk kegiatan fotografi.

Bahkan Anda tak perlu lagi membeli perangkat kamera tersendiri untuk sekedar mengabadikan momen-momen liburan atau kumpul bersama teman dan keluarga. Kesemuanya sudah dapat dilakukan dengan kamera yang tertanam pada smartphone.

Selain itu, keberadaan media sosial juga turut menjadikan kamera hp semakin sering digunakan. Apalagi dengan media sosial yang secara khusus berbasis gambar atau foto seperti instagram. Banyak orang mengupload momen-momen indahnya ke media sosial tersebut.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan gambar atau foto yang bagus, tentunya selain membutuhkan spesifikasi kamera ponsel yang mumpuni juga membutuhkan aplikasi kamera yang tepat sehingga gambar foto tangkapan tersebut layak untuk diupload ke media sosial.

Berikut ini ada aplikasi kamera untuk pengguna smartphone :

Camera FV-5

Aplikasi Camera FV-5

Aplikasi ini terbilang memiliki kontrol manual yang mirip dengan fitur di DSLR. Sebagian besar parameter foto yang ada di Camera FV-5 juga bisa diatur dengan mudah. Dari mulai exposure, light metering, ISO,white balance, shutter speed, hingga mode program.

Pada layar pengambilan gambar juga memperlihatkan berbagai macam informasi menarik, seperti aperture, exposure, dan f-stop. Jika ingin menangkap gambar saat malam hari, terdapat mode long exposure yang keren.

Anda pun bahkan juga bisa membuat video timelapse. Seluruh foto yang diambil juga bisa disimpan dalam format JPG, 16-bit RAW DNG, maupun lossless PNG. Kesemua fitur tersebut tentu membuat aplikasi ini cocok jadi satu diantara aplikasi kamera terbaik.

Camera Zoom FX

Aplikasi Camera-ZOOM-FX

Aplikasi kamera ini merupakan yang tercepat saat mengambil gambar dari smartphone Android. Sehingga tak heran jika Camera Zoom FX menjadi pilihan.

Fitur pada aplikasi ini memiliki mode speed burst yang bisa menangkap hingga 50 gambar dalam satu detik. Selain itu, Aplikasi yang satu ini juga memiliki image stabilizer yang mampu mencegah foto yang dihasilkan jadi blur.

Untuk tampilan interface dianggap cukup responsive. Selain itu memiliki menu kontrol manual, mengambil foto RAW, berbagai macam tools photo editing, lalu collage maker dan fitur menarik lainnya.

VSCO

Aplikasi VSCO

Bagi Anda yang memiliki komunitas fotografi, Aplikasi VSCO ini termasuk sering dipakai kalangan creator. Para penggunanya bisa saling berbagi dengan antar pengguna lain di seluruh dunia. Antarmukanya dilengkapi dengan berbagai macam preset hingga mencapai 200 lebih. Setelah melakukan pengambilan gambar, pengguna bisa langsung mengeditnya menggunakan aplikasi VSCO ini. Untuk fitur sendiri VSCO menawarkan beberapa fitur yang bisa didapatkan pengguna ketika sudah menginstalnya.

Diantara fitur menarik dari VSCO ini yaitu, Edit Foto Dasar seperti Kontras, Saturasi, Hue. Anda juga bisa menjelajah Foto dengan Menu Discover, Vintage Effect, Powerful Editting: HSL, Borders, Share Foto ke Komunitas dan lainnya.(*)