3 Aktifitas Seru mengisi Akhir pekan bersama Anak di Rumah

99
Akhir pekan bersama Anak di Rumah

Menikmati akhir pekan dirumah bersama keluarga merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada keluarga termasuk pada anak. Mengisi liburan dirumah bersama anak bisa dilakukan dengan bermain sambil belajar.

Aktivitas main sambil belajar akan sangat bermanfaat bagi anak yang usianya di bawah 10 tahun. Selain mendapatkan kebahagiaan, Anda juga bisa mengajarkan nilai baik untuk si anak. Lantas apa saja aktifitas yang bisa dilakukan, main sambil belajar yang bisa orangtua lakukan di rumah? Berikut ulasannya:

Berkebun
Kegiatan berkebun bisa membantu anak-anak untuk memanfaatkan potensi motoriknya yang selama kegiatan di rumah saja kurang terfasilitasi. Beri kesempatan anak untuk mencabut rumput, memetik daun, atau menyiram tanaman sambil orangtua memberikan informasi mengenai berbagai jenis tanaman dan cara perawatannya.

Membersihkan Rumah
Kegiatan ini mungkin paling diminati anak-anak, membersihkan rumah dengan bermain air. Pada usia anak-anak, bergerak sangat penting untuk memaksimalkan potensi fisiknya, sehingga dalam kegiatan ini, anak bisa bersenang-senang sekaligus mengasah kemampuan motoriknya. Anda bisa membimbing anak untuk belajar mencuci piring, mencuci pakaian kotor mereka yang dilakukan bersama dengan orangtua, hal ini dapat menimbulkan perasaan nyaman dan bahagia, sangat baik bagi anak.

Menonton Film Anak dan Bernyanyi
Bermain merupakan kebiasaan yang diinginkan Anak, apalagi ditemani oleh orang tua mereka, izinkan anak memilih film kesayangan mereka dengan didampingi oleh orang tua. Manfaatkan gawai untuk menentukan film kartun yang akan dinonton, lalu dampingi mereka.

Memang sedikit lebih memakan waktu, tapi kegiatan ini selain mendekatkan orangtua dan anak, juga membantu anak memahami bahwa agar bisa menimbukan rasa percaya diri mereka dengan bernyanyi, cobalah untuk berduet bersama anak dan buat mereka berani dan menikmati harinya bersama orang tua. Semoga Bermanfaat.