Tips Meningkatkan Percaya diri dalam Waktu Sekejab

Meningkatkan percaya diri saat berada di hadapan banyak orang, memang tidak selalu mudah untuk dilakukan. Percaya diri bukanlah kemampuan yang datang dengan sendirinya, melainkan harus dilatih. Keyakinan pada diri sendiri untuk bisa tampil prima dan berpikiran positif akan kemampuan merupakan cara yang tepat untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

Namun, apa pun situasi Anda, ada beberapa trik praktis yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Bagaimana pun, kepercayaan diri adalah salah satu kunci kesuksesan dalam hal apa pun. Berikut ini tips untuk tampil percaya diri hanya dalam waktu sekejap.

Berdiri/duduk dengan tegak
Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, postur tubuh yang baik juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Ohio State University menunjukkan bahwa seseorang yang duduk tegak cenderung menilai diri mereka sendiri lebih positif, dibandingkan dengan orang yang duduk dengan tubuh menunduk.

Menatap mata lawan bicara
Saat berbicara dengan seseorang, pastikan mata Anda memandang mata lawan bicara. Para ahli menyarankan agar Anda mencoba mempertahankan kontak mata 60-70% setiap saat. Anda boleh memutuskan kontak mata setelah beberapa detik secara refleks, lalu tatap kembali mata mereka. Selain itu, cobalah untuk tidak terlalu sering berkedip karena ini menunjukkan kondisi yang tertekan.

Berjabat tangan dengan tegas
Berlatih untuk menjabat tangan orang lain dengan baik dan tegas; tidak terlalu keras, tetapi juga tidak lemas dan seolah tidak niat! Jangan lupa untuk melakukannya sambil tersenyum. Studi menunjukkan bahwa bahasa tubuh yang positif dapat membuat Anda merasa lebih percaya diri.

Pakai parfum/pewangi tubuh
Aroma yang keluar dari tubuh Anda dapat berdampak signifikan tidak hanya pada cara pandang terhadap diri sendiri, tetapi juga pada cara orang lain memandang Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa seseorang yang menggunakan pewangi tubuh menunjukkan peningkatan rasa percaya diri dan dianggap lebih menarik oleh orang-orang di sekitar mereka.