Tips menguatkan Daya Imun agar terhindar dari Virus Corona

162

Penularan Virus Corona atau COVID-19 menyebar dipenjuru dunia sejak januari lalu, hingga saat ini penangangan terus dilakukan untuk meminimalisir penyebarannya. Baru baru ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar setiap orang meminimalisir paparan langsung dengan orang terinfeksi COVID-19. Selain itu, upaya sederhana pun diimbau untuk dilakukan masyarakat, salah satunya mencuci tangan.

Selain itu, Kementerian Kesehatan republik Indonesia terus menggalakkan pada masyarakat untuk lebih giat menjalankan praktik gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas. Upaya ini dipercaya mampu memperkuat sistem imun yang kuat dan bisa terbebas dari COVID-19.

Adapun upaya yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat sistem imun agar terhindar dari COVID-19, berikut ulasannya :

1. Cuci tangan dengan benar dan teratur
Para peneliti dari MIT mengatakan, mencuci tangan dapat membantu meredam pandemi hingga 69%. Ada 7 langkah mencuci tangan yang benar. Semua tahapan hanya dilakukan dalam waktu 20 detik saja, kok.1. Diet vegetarian

2. Diet Vegetarian
COVID-19 termasuk dalam penyakit zoonosis atau penyakit yang ditularkan antara hewan dan manusia, sehingga diet vegetarian dapat membantu mengurangi risiko penularan virus. Meski demikian, sampai sekarang belum diketahui pasti apa sumber utama dari penyebaran virus penyebab COVID-19 ini.

3. Konsumsi buah
Bersama dengan sayuran, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan utuh. Sebab, buah utuh yang Anda makan menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Olahraga teratur
Selain menjaga asupan makanan yang baik, olahraga juga diperlukan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Olahraga yang teratur akan meningkatkan imunitas. Disarankan menggunakan masker jika Anda berolahraga di luar ruangan.

5. Paparan sinar matahari
Perlu Anda ketahui, ketika kulit Anda terpapar sinar matahari, ia memproduksi vitamin D dan kolesterol yang membantu agar tulang lebih kuat, tidur lebih nyenyak, dan daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

6. Konsumsi rempah
Ayurveda menyarankan agar Anda rutin mengonsumsi herbal untuk daya tahan tubuh yang baik, seperti misalnya konsumsi kunyit, jahe, sereh, temulawak, dan bawang putih.

7. Hindari tempat ramai dan kenakan masker
Penyebaran COVID-19 dapat terjadi terutama melalui tetesan pernapasan (misalnya karena batuk atau bersin) yang bisa masuk mendarat di mulut atau hidung orang lain.

8. Hindari makanan siap saji
Dalam suasana prasmanan, orang berbicara sambil mengambil makanan. Hal ini berisiko masuknya tetesan air liur orang lain yang mungkin saja dia terinfeksi ke makanan yang dibiarkan terbuka bebas. Karena itu, disarankan juga untuk tidak berbicara saat makan.

9. Hindari bersentuhan dengan Logam
COVID-19 dapat bertahan hingga 9 jam di permukaan logam. Maka dari itu, hindari pegangan tangga jika memungkinkan.

Semoga bermanfaat.