Tips Menghindari Stress dari Pola Hidup Sehat hingga Liburan

Hampir semua orang pernah mengalami stres. Stres merupakan reaksi psikologis ketika menghadapi tekanan. Penyebabnya beragam, bisa dari tuntutan pekerjaan maupun studi, kehilangan pekerjaan atau di-PHK, menghadapi kemacetan setiap hari, kurang tidur, tagihan bulanan, dan sebagainya.

Bahkan saat aktivitas tak begitu padat pun, stres bisa saja menyerang terlebih jika kondisi emosional tak stabil. Stres terjadi ketika hormon-hormon tubuh, khususnya adrenalin dan kortisol, melonjak sebagai respons dari ancaman dan tantangan.

Untuk mengatasi stres dan membuat perasaan menjadi lebih baik, hal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi gejala dan tahu penyebabnya. Berikut yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres:

1. Pola hidup sehat
Mmengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur, dapat memproduksi hormon baik seperti dopamin. Dopamin memicu perbaikan mood serta menimbulkan rasa senang.Anda bisa mulai dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Selain tetap memberi asupan energi lebih baik, makanan sehat juga membantu mengendalikan stres.

2. Bersosialisasi
Dengan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar, Anda akan merasa mendapat dukungan sekaligus menghilangkan stres. Terlebih jika berkumpul dengan teman. “Bercanda” dengan teman, tertawa, akan menjadikan tubuh menjadi lebih baik dengan melepas zat endorfin yang dapat menghilangkan cemas, dan mempertahankan pikiran positif.

3. Lakukan meditasi
Meditasi dan latihan pernapasan bisa jadi cara menghilangkan stres. Melatih pernapasan adalah cara meditasi paling sederhana yang bisa dilakukan sekalipun Anda sedang bekerja. Lakukan meditasi sederhana ini dengan fokus. Cari posisi duduk yang nyaman dan fokuslah bernapas secara teratur.

Selain itu, Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas menyenangkan, seperti mendengarkan musik, menari, berolahraga, membaca buku, atau bermain dengan hewan peliharaan agar tubuh dan pikiran lebih rileks.

4. Istarahat yang cukup
Stres dapat mengganggu tidur. Tetapi kurang tidur juga dapat menghambat kemampuan Anda dalam mengatasi stres. Ketimbang asyik dengan media sosial, percepat jam tidur Anda agar tubuh dapat banyak waktu untuk istirahat. Durasi tidur yang kurang dari tujuh sampai delapan jam sehari, membuat tubuh tidak mampu menoleransi stres dengan baik.

5. Liburan
Anda dapat meluangkan waktu untuk menjernihkan pikiran sejenak dengan liburan. Mengunjungi tempat yang tenang dan santai, atau sekadar menghabiskan waktu bersantai di rumah. Ini bisa jadi cara untuk memperbarui energi sehingga Anda lebih siap menghadapi tugas maupun pekerjaan selanjutnya.(*)