Tips menghadapi PSBB

231

Akibat wabah Corona, banyak negara yang sudah melakukan lockdown. Di Indonesia sendiri pemerintah telah menerapkan istilah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam hal penyebaran virus, ruang gerak dibatasi, bahkan di Italia, warga harus memiliki ijin khusus jika ingin berpergian. Biasanya, supermarket, apotik, dan rumah sakit tetap buka. Tapi Anda tidak bisa sebebasnya keluar masuk tempat tersebut.

Lalu, apa yang harus dilakukan?, berikut tipsnya.

Tetap tenang
Jangan langsung panic buying saat pemerintah mengusulkan PSBB. Cek stok makanan dan kebutuhan harian lainnya di rumah. Apakah cukup? Atau ada yang perlu dibeli? Hanya beli barang yang diperlukan kurang lebih untuk dua minggu ke depan. Panic buying hanya akan membuat stok di pasaran menipis dan bisa jadi rusak di rumah karena disimpan terlalu lama. Pilih bahan makanan yang awet disimpan lama. Pastikan sehat dan bernutrisi.

Tetap beraktivitas
Bagi yang tinggal bersama anak-anak saat PSBB, siapkan aktivitas harian yang seru dan menyenangkan. Work from Home (WFH) merupakan waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan anak dan membantunya belajar. Jika Anda merantau dan tinggal sendirian, buat daftar hal-hal yang ingin Anda lakukan tapi tidak ada waktu sebelumnya. Belajar skill baru juga dapat menghabiskan waktu selama PSBB.

Tetap berkomunikasi dengan orang dekat
Tetap jalin komunikasi selama PSBB. Walaupun ruang gerak terbatas, bukan berarti Anda tidak bisa berinteraksi dengan orang lain. Gunakan video call sesekali dengan teman dekat, saudara, atau teman kantor. Gunakan untuk bercerita atau sekedar bermain game online agar Anda tidak bosan selama PSBB. Manusia adalah makhluk sosial yang butuh interaksi, gunakan teknologi untuk sekedar ngobrol sebentar dan saling update kondisi di tempat masing-masing.

Cari informasi yang kredibel
Pilih hanya sumber kredibel untuk mendapatkan informasi selama PSBB. Ingat, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Tubuh yang bebas stres akan lebih kuat sistem imunnya. Kurangi informasi yang cenderung mengarah ke hoaks agar pikiran tetap tenang dan tidak was-was.

Bersih bersih Rumah
Bersihkan tempat tinggal sebelum ataupun saat PSBB. Gunakan alkohol 70%, antiseptik dan pembersih bebas kuman. Hal ini untuk mengurangi penyebaran virus yang tidak disadari. Sering mencuci tangan dengan sabun dan hindari kontak dengan benda yang kotor.

Jangan lupa untuk menggunakan masker jika terpaksa hendak keluar rumah. Semoga bermanfaat.