Tips memilih Hewan Qurban saat Perayaan Idul Adha

16
Tips Memilih Hewan Qurban saat Perayaan Idul Adha

Pada perayaan Idul Adha, dalam Islam hukumnya adalah sunah. Artinya, boleh dilakukan dan jika tidak pun tak akan dianggap berdosa. Namun, akan lebih baik jika dilakukan terutama oleh umat Muslim yang dianggap mampu secara materi.

Perintah untuk berqurban sendiri telah ada sejak zaman Nabi Adam, Nabi Ibrahim, maupun Nabi Muhammad. Bahkan perintah berqurban juga tercantum dalam Al-Quran, tepatnya pada Surah Al-Kautsar ayat 2 dan Surah Al-Hajj ayat 34 hingga 35.

Beberapa hewan yang biasa diqurbankan adalah hewan-hewan ternak, seperti sapi, kambing, kerbau, dan unta. Di Indonesia, sapi dan kambing adalah dua hewan yang paling sering dibeli saat perayaan Idul Adha ini.

Bagi Anda yang berniat untuk berqurban di tahun ini, berarti wajib tahu akan cara memilih hewan qurban yang benar sesuai syariat Islam. Berikut ini tips memilih hewan qurban yang sesuai dengan syariat Islam.

Termasuk golongan hewan ternak
Tips memilih hewan qurban yang pertama menurut ajaran Islam, yaitu seekor hewan qurban haruslah hewan ternak. Sapi, kambing, kerbau, maupun unta adalah keempat jenis hewan ternak yang paling dianjurkan untuk disembelih saat hari raya qurban.

Tidak masalah akan jenis kelaminya, baik jantan atau betina, selama hewan yang dibeli itu termasuk dalam hewan yang dianjurkan maka kamu tetap bisa berqurban saat Idul Adha.

Hewan Qurban yang Sehat dan tidak cacat
Dalam Islam, Rasulullah SAW merinci akan kriteria hewan qurban yang tidak boleh disembelih.

Mulai dari hewan mengalami kebutaan di salah satu matanya, pincang pada salah satu kaki, sangat kurus, tidak sehat, dagingnya rusak atau tidak memiliki sumsum tulang, bagian telinga tidak sempurna atau terputus, hingga bagian ekor juga tidak sempurna.

Oleh karena itu, sebelum membeli hewan qurban nih, kamu mesti memperhatikan secara cermat akan kondisi fisik dari hewan tersebut. Sebab, jika sampai ditemukannya kecacatan fisik, maka hewan ternak tidak sah untuk diqurbankan.

Sebaliknya, dalam tips memilih hewan qurban, hewan ternak seperti kambing dan sapi hendaknya dalam keadaan sehat tanpa sedikitpun cacat pada bagian tubuhnya.

Akan lebih baik lagi jika hewan qurban ini memiliki tubuh yang besar dan gemuk, lubang kumlah (mata, mulut, hidung, anus) bersih, suhu badan normal 37 derajat Celsius, serta memiliki banyak daging.

Perhatikan usia minimal
elain sehat secara fisik, tips memilih hewan qurban berikutnya adalah dengan mengecek usia dari hewan itu sendiri. Dalam Islam, seekor hewan ternak yang bakal disembelih saat Idul Adha mestilah hewan yang sudah mencapai kriteria usia minimal.

Jika belum, maka prosesi qurban yang dilakukan pun dianggap tidak sah karena belum memenuhi syarat yang ditetapkan.

Adapaun kriteria usia minimal yang termasuk dalam tips memilih hewan qurban sesuai syariat Islam, yakni:

– Sapi atau kerbau minimal berumur 24 bulan
– Unta minimal berumur 5 tahun
– Kambing biasa minimal berumur 12 hingga 18 bulan
– Kambing jenis domba minimal berumur 6 bulan, dengan catatan jika sulit menemukan jenis serupa yang berumur 1 tahun

Selain mencapai usia minimal, kamu juga masih boleh membeli hewan yang sudah melebihi batas usianya, namun memang tips memilih hewan qurban jenis ini haruslah yang belum terlalu tua. Karena ditakutkan memiliki daging yang keras dan tak lagi empuk, sehingga mengurangi kenikmatan saat dikonsumsi.

Perhatikan gigi hewan
Untuk mengetahui usia minimal, kamu bisa mencoba tips memilih hewan qurban lainnya, yaitu dengan mengecek gig dari hewan tersebut. Pengecekan ini juga sangat mudah lho, sehingga bisa kamu lakukan secara manual.

Perhatikan saja gigi susu yang terdapat pada hewan ternak. Untuk sapi, tanda jika hewan ternak ini sudah berumur sekitar 22 bulan adalah copotnya dua gigi susu pada bagian depan gigi.

Begitupun dengan ternak kambing atau domba, yang mana tips memilih hewan qurban ini bisa dilihat dari dua gigi susu yang terlepas, sehingga hewan tersebut bisa dipastikan sudah berumur kira-kira seikitar 12 hingga 18 bulan.

Nafsu makan baik dan bentuk fisik sempurna
Tips memilih hewan qurban yang kelima adalah dengan memantau nafsu makan dari hewan tersebut. Sehingga, kamu bisa tahu apakah hewan ternak yang dibeli itu punya kondisi fisik yang sehat atau tidak.

Jika memungkinkan, kamu dapat menanyakan kepada penjual mengenai Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Rata-rata hewan qurban yang punya nafsu makan baik pasti memiliki bentuk fisik yang baik pula.

Mulai dari memiliki gerak tubuh yang lincah, berbadan gemuk, kelopak mata berwana pink, bulu tidak kusam dan warna kulit mengkilat, bagian leher tidak terlalu bergelambir, hingga cermin hidung tidak kering.

Tidak cuma itu, untuk hewan ternak seperti sapi dan kerbau, tips memilih hewan qurban yang satu ini bisa dengan cara memperhatikan bagian punggungnya.

Idealnya sapi dan kerbau haruslah memiliki tulang punggung rata dengan tanduk seimbang dan keempat kaki yang sama panjang atau simetris.

Beli Hewan ternak yang terpercaya
Tips memilih hewan qurban yang terakhir adalah dengan melihat tempat penjualan ternak itu sendiri. Sebaiknya, pilih tempat ternak yang kualitasnya sudah enggak perlu diragukan lagi.

Jangan membeli hewan qurban di tempat yang terkesan jorok dan selalu terpapar polusi buruk, terutama di area dekat pembuangan sampah.

Apalagi di tengah pandemi Corona ini, kamu harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada. Sehingga terbebas dari berbagai penyakit menular akibat mengonsumsi daging qurban.

Ingatlah, tempat ternak yang jorok pasti menyuguhkan beragam hewan ternak yang berpotensi memiliki penyakit, atau paling tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan tubuh.(*)