Tips agar terhindar dari Penyakit setelah Kehujanan

84

Sedia payung sebelum hujan, merupakan ungkapan yang sering kita dengar ketika akan bepergian keluar rumah dimusim hujan. Mempersiapkan diri ketika hujan mengguyur dengan deras perlu antisipasi untuk mencegah Anda terkena masalah penyakit seperti demam dan flu. Ketika kehujanan, tubuh rentan terkena pilek, flu bahkan demam. Tidak ingin aktivitas Anda jadi terganggu karena sedang sakit.

Biar tubuh tetap fit saat habis kehujanan Anda harus perhatikan beberapa hal berikut :

Segera Mandi
Setelah Anda tiba di rumah, segera lepas pakaian basah Anda agar udara dingin tidak merembes ke paru-paru sehingga memicu batuk. Setelah itu, mandi dengan air hangat untuk membersihkan tubuh dari kuman yang menempel. Gosok kaki dengan garam untuk menyingkirkan bakteri yang bisa saja terdapat dari genangan air dan jalan berlumpur. Pastikan untuk menggunakan sabun antiseptik untuk proteksi tambahan.

Keringkan Rambut
Rambut basah karena kehujanan, pastikan mengeringkannya dengan benar dengan hairdryer atau di gosok dengan handuk sampai rembesan air benar-benar hilang. Rambut yang basah dan tidak dikeringkan dengan baik akan rentan pilek dan flu.

Minum Air
Setelah kehujanan, suhu tubuh bisa turun yang menyebabkan kedinginan hingga menggigil. Meminum sesuatu yang hangat dapat menjadi salah satu solusi agar terhindar dari sakit. Minuman hangat juga dapat membersihkan dahak yang terkumpul di rongga hidung dan tenggorokan. Selain minuman hangat, sup juga bisa menjadi alternatif pilihan lain yang bisa Anda coba.

Air putih selain menjaga tubuh tetap terhidrasi juga secara tidak langsung bermanfaat untuk mengobati penyakit. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat menjadi imun untuk menghadapi virus pilek dan flu. Air putih dapat membersihkan tubuh dan kotoran melalui urin. Semoga bermanfaat.