Sukseskan Pilkades Serentak, Kesbangpol undang Tokoh Masyarakat Lutra

14

BERANDANEWS – Luwu Utara , Kesbangpol Luwu Utara gelar Coffee Morning bersama tokoh masyarakat dilutra dengan tema “Mari sukseskan Pilkades serentak Kab Luwu Utara tahun 2021 yang aman, damai dan kondusif melalui profesionalisme penyelenggara Pilkades, peningkatan partisipasi seluruh elemen masyarakat dan penerapan protokol kesehatan Covid 19 untuk mewujudkan Pilkades yang demokratis dan bermartabat”,  Senin (12/07).

Hadir dalam giat tersebut : Drs. Misbah (Kadis PMD luwu utara)
Enyon, S.Sos (Kaban Kesbangpol luwu utara), AKP Mukhsin,SH (Kanit 2 Subdit politik polda Sulsel)
AKP Muhajir, S.Pd (Kasat Intelkam polres luwu utara), H. Muh. Alwi (Ketua FKUB luwu utara), Pdt. Yusuf Ruminding (Anggota FKUB luwu utara), dan undangan lainnya.

Dalam agenda tersebut Kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa Drs Misbah mengatakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) saat ini masih dalam proses distribusi logistik ke tingkat kecamatan.

“Pilkades serentak tahun 2021 diikuti 102 Desa, 308 TPS, 314 Calon Kepala Desa, Tahapan Pilkades serentak saat ini sementara proses distribusi logistik ke tingkat Kecamatan dan tersisa satu kecamatan yang akan didistribusikan besok”, kata Misbah.

Misbah menambahkan, dukungan dari TNI/Polri selama tahapan pilkades dinilai luar biasa, dalam mensukseskan Pesta demokrasi ditingkat desa dengan tetap mematuhi Protkes Covid-19, yang merupakan rekomendasi dari Kemendagri.

Hal senada juga diungkapkan Kanit 2 Subdit politik polda Sulsel, AKP Mukhsin ,SH, dengan mengajak seluruh warga untuk mensukseskan Pilkades serentak agar dapat berlangsung aman, damai dan kondusif.

“Sekiranya ada permasalahan yang terjadi, tentu ada ranahnya untuk menyelesaikan, sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang dapat mengganggu Pelaksanaan Pilkades”, jelasnya

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Luwu Utara Enyon, S.Sos menyampaikan langkah yang telah di lakukan bersama Polres Luwu Utara yaitu tatap muka dengan para Calkades, PPKD di tingkat Kecamatan dengan tujuan Pilkades serentak tahun 2021 yang aman damai dan kondusif serta Zero Covid-19.

Menurutnya kehadiran Tokoh agama di harapkan dapat berperan melalui forum keagamaan.

“Hadirnya tokoh agama menyampaikan Pesan-pesan Kamtibmas untuk menjaga stabilitas Politik dan Kamtibmas pada Tahapan Pilkades Serentak tahun 2021 di Kab Luwu Utara dan Kepada PPKD agar senantiasa menjaga Netralitas dan profesionalisme kerja, sehingga tidak menimbulkan kesan keberpihakan”, jelasnya.

Usai menggelar diskusi, sejumlah saran dan masukan dari tokoh masyarakat antara lain pentingnya memanfaatkan rumah ibadah untuk penjelasan terkait Pilkades, sehingga perbedaan Pandangan terhadap demokrasi tidak menjadi potensi permasalahan.

“Pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan, karena semua agama pasti mengajarkan untuk menciptakan dan menjaga kedamaian”, tutupnya.(*)