Silaturrahim dengan Pengurus MUI Sulsel, Baznas Sulsel gagas Pengentasan Kemiskinan melalui ZIS

10
Silaturrahim dengan Pengurus MUI Sulsel, Baznas Sulsel gagas Pengentasan Kemiskinan melalui ZIS

BERANDANEWS – Makassar, Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sulsel yang baru ini dilantik melakukan kunjungan silaturahim kepada pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel di sekretariat MUI, Masjid Raya Makassar, Rabu, (13/4).

Hadir langsung menerima kunjungan tersebut Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Najamuddin A Syafa MA, Sekum MUI Sulsel Dr KH Muammar Bakry Lc MA, dan sejumlah pengurus MUI Sulsel.

Rombongan Baznas Sulsel dipimpin Ketua Baznas Sulsel HM Khidri Alwi dan jajaran wakil ketua HM Irfan Sanusi Baco, HM Ishaq Samad, Kamaruddin dan H Abd.Aziz Bennu beserta sejumlah staf Baznas Sulsel.

KH Najamuddin menyampaikan selamat atas dilantiknya Pimpinan Baznas Sulsel oleh Gubernur Sulsel. Pada kesempatan itu ia mengatakan zakat berpotensi dalam upaya pengentasan kemiskinan.

“Semoga dalam memaksimalkan peran kedua lembaga serta kemanfaatan optimal bagi ummat kedepan ada sinerjitas intens antara MUI dan Baznas Sulsel ke depan. Terutama dalam menumbuhkan kepercayaan umat,” harapnya.

Khidri Alwi juga menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih atas hospitality pimpinan MUI Sulsel.

Dikatakan, ada banyak pesan dari Gubernur Sulsel dalam upaya pengumpulan dan pendistribusian ZIS, diantaranya sudah terbit Surat Edaran Gubernur Sulsel yang mendorong agar ASN dan non ASN lingkup Pemprov Sulsel dapat menunaikan ZISnya melalui Baznas Sulsel.

Wakil Ketua Bidang Pendistisbusian dan Pendayagunaan Baznas Sulsel Ishaq Samad menambahkan sejumlah program telah disiapkan Baznas Sulsel, khususnya dalam pendistribusian, diantaranya penyaluran Paket Ramadhan Bahagia dari BAZNAS Pusat dan Zakat Fitrah.

“Selain itu, juga dilakukan sosialisasi dengan stakeholder Baznas Sulsel melalui silaturrahim dan menggunakan kanal media yang ada untuk sosialisasi, misalnya melalui medsos.

Pengumpulan zakat dan infak ASN Pemprov Sulsel dimulai Senin, 18 April setelah Coffee Morning, dimana Gubernur Andi Sudirman Sulaiman akan langsung menyerahkan zakatnya kepada Baznas Sulsel.

Rencananya untuk zakat ASN Pemprov Sulsel, akan dipotong dari gaii di rekening masing-masing. Sebagian pihak menyebit ini eranya Baznas Sulsel, karena sangat didukung penuh oleh Gubernur Sulsel. Ini adalah peluang sekaligus tantangan dalam memelihara trust. KEpercayaan bisa ditumbuhkan,

“Kita perlu mensupport dalam pengentasan kemiskinan dan terkait langsung dengan MUI Sulsel, sehingga bisa berjalan bersama,” harap KH Muammar

Juga tambahnya bisa didorong dan diinisiasi lahirnya Perda Pemprov Sulsel tentang pengelolaan ZIS.(*)