Sejumlah Pertimbangan sebelum Anda membeli Mobil

52

Memiliki mobil pribadi impian sebagian orang, selain untuk menunjang aktifitas keseharian, memiliki kendaraan seperti mobil, juga nyaman digunakan untuk bepergian jauh. Sebelum pergi ke dealership, ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan ketika Anda ingin membeli mobil.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, ada beberapa persiapan termasuk pertimbangan memiliki mobil, berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber :

Kemampuan Membeli
Apakah Anda bisa langsung membayar kes ? Atau baru bisa mencicil dengan kredit? Kalau bayar secara kredit, berapa bunga yang kira-kira harus Anda bayarkan? Hal ini harus masuk ke dalam pertimbangan Anda.

Perawatan Mobil
Ketika sudah memiliki uang yang cukup untuk membeli mobil, hal tersebut berarti ia mampu membelinya. Anda juga harus memperhitungkan perkiraan biaya perawatan setiap tahunnya. Mulai dari ganti oli, menggunakan anti jamur untuk kaca, aki, perawatan ban mobil, dan masih banyak lagi. Sebelum yakin membeli mobil, pastikan juga Anda sudah memasukkan pertimbangan biaya perawatan ke dalam biaya mobil. Jangan sampai mobilnya sudah dibeli, tetapi Anda tidak bisa merawatnya karena budget tidak cukup.

Pajak Mobil
Pertimbangan selanjutnya adalah biaya tambahan dan juga pajak ketika membeli mobil. Di Indonesia sendiri, terdapat peraturan seputar pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan setiap tahunnya. Jika masih tinggal bersama orang tua, akan ada pajak progresif yang harus dibayarkan karena jumlah kendaraan bertambah.

Nah, pajak progresif tersebut akan semakin tinggi, mengikuti pertambahan kendaraan bermotor yang ada di rumah Anda. Selain itu, pikirkan juga biaya parkir di tempat umum dan biaya tol jika kantor Anda jauh dari rumah. Jika dijumlahkan, biaya-biaya tersebut saja sudah mencapai ratusan ribu atau bahkan jutaan per tahunnya.

Asuransi Mobil
Pertimbangan sebelum membeli mobil yang sering dilupakan juga adalah asuransi kendaraan bermotor. Ketika berkendara di jalan raya, ada banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi. Bisa saja ada orang tiba-tiba menabrak mobil Anda dari belakang, tetapi ia tidak bisa membayar uang ganti rugi untuk servisnya.

Untuk melindungi Anda dari biaya servis yang membengkak, ada baiknya menggunakan asuransi untuk mobil. Anda harus menghitung, berapa premi yang wajib dibayarkan per tahunnya, perlindungan seperti apa saja yang tercakup dalam asuransi tersebut, dan lain-lain.

Fungsionalitas
Jika Anda tinggal di kota besar, mungkin Anda harus memikirkan faktor macet yang sudah sulit dihindari. Pertimbangkan juga apakah membeli mobil akan jauh meringankan bebanmu jika dibandingkan dengan naik kendaraan umum, atau justru menambah beban. Lihat dari segi biaya, waktu, dan tenaga yang akan dikeluarkan.

Selain itu, sebelum Anda membeli mobil, Anda lihat dulu review mobil yang Anda akan beli, Anda bisa mengeceknya di internet. Atau Anda bisa tanyakan langsung kepada ahlinya, mengenai penjelasan mobil mana yang ‘boros’ atau bahkan ‘rewel’ dan tidak. Jadi, Anda bisa lebih smart dalam memilih tipe mobil yang akan dibeli. Semoga bermanfaat.