Sebelum Belanja Online, Ketahui 9 Hak Anda sebagai Konsumen

Gaya hidup modern dengan berbagai kemudahan untuk memperoleh barang yang diinginkan, sejatinya semakin mudah dengan adanya berbagai platform belanja online. Belanja online jadi kebiasaan familiar bagi lebih banyak orang saat ini. Namun bagi Anda yang baru pertamakali ingin berlanja online sudah semestinya Anda memahami hak apa saja yang didapat konsumen dalam berbelanja secara daring.

Berdasarkan pasal 4 UUPK, setidaknya ada sembilan hak konsumen dalam berbelanja online. Pertama, hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan/atau jasa. Selain itu Anda berhak mendapat informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi maupun jaminan barang dan/atau jasa. Terdapat pula hak untuk didengar pendapat dan keluhannya perihal barang dan/atau jasa yang digunakan.

Lalu ada hak mendapat advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut. Hak selanjutnya, yakni diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur, serta tak diskriminatif. Ada juga hak mendapat kompensasi, ganti rugi, dan/atau penggantian bila barang dan/atau jasa yang diterima tak sesuai perjanjian maupun tak sebagaimana mestinya. Dan yang terakhir, konsumen yang belanja online juga punya hak sesuai ketentuan perundang-undangan lain.

Bagi Anda sebagai konsumen atau pelanggan sebaiknya tahu harga pasaran barang yang hendak dibeli. Kalau ada penjual yang membanderol barang jauh di bawah harga pasaran, konsumen harus ekstra hati-hati dan memeriksa kembali barang yang ditawarkan. Anda dapat mencari perbandingan harga dari toko ke toko melalui online.

Pelanggan apabila telah melakukan transaksi belanjaan, pastikan tanggal perkiraan barang sampai. Disarankan untuk foto kondisi barang saat datang sebelum dan setelah dibuka.

Maraknya penipuan yang dilakukan oleh pihak yang tak bertanggung jawab, sebaiknya konsumen selesaikan dulu dengan penjual atau toko yang menawarkan barang. Bila tak bisa, silakan hubungi pihak e-commerce dan konsumen dapat mengajukan laporan di situs web BPKN. Semoga bermanfaat.