RG Peduli ajak Warga belajar Budidaya Jahe Merah

87

BERANDANEWS – Makassar,  Tokoh muda Nasional asal Bone Andi Yuslim Patawari (AYP) mengajak warga yang berada di perumahan Perumnas Antang Blok 1 RSS, jalan Borong Jambu Terusan, RW 03 RT 02, Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, untuk mengenal dan belajar cara budidaya tanaman tinggi antioksidan yaitu jahe merah.

Penyerahan bibit tanaman jahe merah diserahkan oleh Tim Rachmat Gobel Peduli Official Media kepada warga sekitar.
Cara penanaman yang sederhana, kegiatan ini cukup menarik minat warga.

Jahe merah merupakan tanaman yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Terutama di masa pandemi covid 19 seperti saat ini, antioksidan sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang menjadikan kita tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit seperti virus covid 19. Sayangnya, Jahe merah cukup sulit dijumpai di pasaran dan jika ada, harganya lebih mahal dibandingkan dengan jahe biasa.

Memanfaatkan peluang tersebut, AYP mengajak Warga terutama Ibu Rumah tangga melakukan penanaman jahe merah dengan metode murah dan mudah. Kegiatan ini diawali dengan survey lahan sekitar rumah yang dimiliki oleh warga.

“Penanaman jahe merah sebenarnya cukup mudah dan tekniknya hampir sama seperti penanaman tanaman budidaya lain. Apalagi saat ini curah hujannya sudah mulai turun dan cocok untuk menanam jahe. Masalahnya adalah pengetahuan masyarakat masih kurang tentang hal ini. Kegiatan semacam ini adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan memanfaatkan lahan kosong di masa pandemi Covid 19, selain baik untuk kesehatan juga bisa meningkatkan perekonomian warga jika dikelola dengan baik” ujar Andi Yuslim Patawari.

Dari kegiatan memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong diharapkan ibu rumah tangga dan warga sekitar lebih memperhatikan kesehatan tubuh keluarga ditengah pandemi Covid 19 dan dapat memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan budidaya sederhana tanaman berkhasiat.(*)