PSM Makassar Pesta Gol 4-0 atas Persita Tangerang

72
Adilson dan Kenzo Nambu (Foto : PSM Makassar)

BERANDANEWS – Balikpapan, Pekan ke 24 Liga 1 2023/2024, PSM Makassar tampil memuaskan dengan pesta gol ke gawang Persita Tangerang pada Ahad Sore(4/2) dengan skor 4-0 untuk PSM Makassar saat menjamu Pendekar Cisadane diStadion Batakan Balikpapan.

Gol masing- masing dicetak oleh Adilson Silva dan Kenzo Nambu

Hasil tersebut memastikan PSM naik ke posisi ketujuh. Sedangkan Persita tertahan di posisi ke-15.

Sejak awal babak pertama PSM langsung mengambil inisiatif menyerang, alhasil pada menit delapan mereka berhasil membuka papan skor lewat gol Adilson Silva. Skor pun berubah 1-0.

Tak ingin tinggal diam sepuluh menit berselang, Persita nyaris menyamakan kedudukan lewat skema sepak pojok yang apik. Sayangnya, sontekan Muhammad Toha di mulut gawang tim tuan rumah hanya mengenai jaring bagian luar gawang saja.

Bertindak sebagai tuan rumah skuad Bernardo Tavares sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini giliran Kenzo Nambu yang mencatatkan namanya di papan skor.

Pada 15 menit akhir babak pertama, tim asuhan Bernardo Tavares itu terus menebar ancaman di lini pertahanan Persita. Adilson pun hampir mencetak gol keduanya tetapi dia kehilangan keseimbangan ketika sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan sehingga bola gagal dieksekusi dengan baik.

Di sisi lain, Pendekar Cisadane -julukan Persita- benar-benar kesulitan untuk mengembangkan permainan dan mendapatkan peluang. Alhasil, skor 2-0 untuk keunggulan PSM bertahan hingga turun minum.

PSM tak mengendurkan serangan di awal babak kedua. Dengan permainan bola-bola pendek cepat yang mereka peragakan, mereka terus membuat tim tamu kewalahan.

Pada menit 55, tim asal Sulawesi Selatan itu pun berhasil memperlebar keunggulan menjadi 3-0. Sebuah tendangan jarak jauh dari Kenzo Nambu tak mampu diselamatkan oleh Rendy Oscario sehingga bola melesat dengan deras ke pojok bawah kanan gawang.

Delapan menit berselang, PSM kembali menjebol gawang Persita untuk keempat kalinya dalam laga ini. Sebuah kerjasama apik satu-dua antara Sayuri Bersaudara berhasil diselesaikan dengan mulus oleh Adilson Silva dengan sontekan mendatarnya.

Unggul empat gol membuat Juku Eja mulai mengendurkan tempo permainan. Mereka banyak memainkan bola di area tengah dan lebih bersabar untuk mengalirkannya ke lini depan.

Memasuki 10 menit akhir waktu normal, PSM mendapat dua peluang beruntun untuk menambah gol, tepatnya pada menit 80. Sayangnya, peluang satu lawan satu Joao Pedro bisa ditepis oleh Rendy Oscario dan tandukan Yuran Fernandez, yang menyambut sepak pojok Kenzo Nambu membentur mistar gawang.

Pada menit 90, Persita berpeluang untuk mendapat gol hiburan setelah Ambrizal Umanailo merebut umpan Yuran Fernandez. Akan tetapi, setelah mampu melewati kiper lawan, tendangannya malah tidak akurat dan terlalu lemah. Alhasil, skor 4-0 untuk keunggulan PSM tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.

Susunan pemain PSM vs Persita:

PSM (3-5-2):
Reza Arya Pratama; Yuran Fernandez, Victor Mansaray, Safrudin Tahar; Akbar Tanjung, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu, Yance Sayuri, Yakob Sayuri; Muhammad Daffa Salman, Adilson Silva.

Cadangan: Erwin Gutawa, Victor Dethan, Ananda Raehan, Dzaky Asraf, Rasyid Bakri, Andy Harjito, Raka Octa Bernanda, Rizky Eka Pratama, Joao Pedro da Silva Freitas, Ze Paulo.
Pelatih: Bernardo Tavarez.

PERSITA (4-4-2):
Rendy Oscario; Christian Rontini, Javlon Guseynov, Muhammad Toha, Mario Jardel; Bae Sin Yeong, Dwi Andika Cakra Yudha, Ezequiel Vidal, Rifky Dwi Septiawan; Mohcine Hassan Nader, Ramiro Fergonzi.

Cadangan: Charisma Fathoni, Dany Saputra, Ambrizal Umanailo, Fairuz Zaman Ohorella, Ichsan Kurniawan, Aditya Harlan, Sirvi Arfani, Rendy Juliansyah, Heri Susanto, Esal Sahrul Muhrom.
Pelatih: Divaldo Alves.