Prosesor A14 5nm Terbaru untuk iPhone 2020 akan segera di Produksi

155

Salah satu foundry semikonduktor terbesar di dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), dikabarkan akan memproduksi chip prosesor Apple terbaru. Adapun chip tersebut adalah A14 5 nm terbaru yang siap menenagai perangkat iPhone selanjutnya.

Dilansir dari Digitimes,TSMC akan menjadi satu-satunya pabrik yang merancang chipset Apple A14 untuk model iPhone 2020. Produksi akan dimulai pada kuartal kedua tahun ini sebagai persiapan untuk akhir peluncuran Q3 mendatang.

Chip Apple A14 akan dibuat menggunakan proses fabrikasi 5 nm baru dari TSMC. Sesuai pesanan Apple, proses produksi akan memakan dua pertiga dari kapasitas pabrik di TSMC. Ada kemungkinan ponsel iPhone 12 akan menjadi yang pertama mengusung chipset 5 nm. Mengingat pada 2018, duo iPhone XS adalah yang pertama menggunakan chip 7 nm.

Selain Apple, HiSilicon, divisi chipset dari Huawei, juga dilaporkan menjadi pelanggan lain dari produksi chip dengan fabrikasi 5 nm awal TSMC. Huawei kemungkinan dapat mengalahkan Apple dengan keluarga Mate 40 yang akan ditenagai Kirin 1020, yang diperkirakan akan menggunakan proses 5 nm.

Sementara pabrikan lain seperti Qualcomm dengan Snapdragon 865 sudah terkonfirmasi bahwa chip mereka menggunakan proses fabrikasi 7 nm. Kirin 990 dari HiSilicon juga demikian.

Sebagai informasi, nanometer (nm) ini hanyalah panduan proses fabrikasi saja. Keuntungan sebenarnya dari proses 5 nm dibandingkan dengan N7P TSMC yang digunakan untuk Snapdragon belum dapat dikonfirmasi seperti halnya proses fabrikasi chip lain yang lebih kecil yang dapat menghasilkan penghematan daya penggunaan perangkat. (*)