Pesta Adat Mappogau Hanua sebagai Ungkapan Rasa Syukur Warga Karampuang

49
Tradisi Mappogau Hanua di Karampuang Sinjai (Foto:Pemkab Sinjai)

Mappogau Hanua merupakan upacara adat tradisional yang diadakan oleh masyarakat adat Karampuang di kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Upacara adat ini merupakan kegiatan adat kuno dan terbesar di Karampuang yang dihadiri oleh ratusan, bahkan ribuan pengunjung.

Mappogau Hanua selalu dihubungkan dengan mitos keberadaan tomanurung dan mitos-mitos yang berkenaan dengan kehidupan pertanian masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, masyarakat Karampuang masih mempertahankan tradisi megalitik dengan menggunakan benda-benda dan bahan-bahan tradisional sebagai alat ritual atau sesaji.

Sebelumnya Mappogau Hanua biasanya dirangkaikan dengan kegiatan perburuan hama babi hingga kerja bakti di sekitar Desa Saohiring.

Pesta adat Mappogau Hanua sendiri merupakan ungkapan rasa syukur penduduk setempat terhadap hasil panen pertanian dan perkebunan. Tradisi adat ini secara turun-temurun digelar setiap tahunnya secara bergiliran oleh masyarakat Desa Kanrung, Desa Saohiring dan Kelurahan Samaenre.

Upacara adat Mappogau Hanua dapat bermakna mengintegrasikan dan membangun solidaritas, menguatkan motivasi diri, dan menegaskan kembali nilai-nilai masyarakat adat Karampuang.

Secara keseluruhan, upacara adat ini memberikan efek positif bagi kehidupan sosial masyarakat adat Karampuang, dan menjadikan upacara adat Mappogau Hanua sebagai strategi bagaimana cara menghadapi kehidupan dengan menjaga kualitas hubungan, baik hubungan vertikalnya dengan dunia atas maupun hubungan horizontalnya dengan kehidupan sosial bermasyarakat.(*)