Mengenal lebih jauh Fitur di Aplikasi Signal

51
Aplikasi Signal

Akibat kebijakan privasi WhatsApp yang dianggap memiliki celah keamanan, keberadaan pesaing Signal dan Telegram dianggap sebagai aplikasi alternatif.

Untuk Signal sendiri, dianggap memiliki sejumlah fitur yang jauh lebih aman ketimbang WhatsApp. Sama dengan WhatsApp, Signal merupakan Aplikasi yang tidak menyimpan data pengguna, berbeda dengan WhatsApp maupun Facebook Messenger. Semua pesan dan panggilan yang dilakukan via aplikasi ini juga telah dienkripsi secara end-to-end. Bahkan, nomor registrasi, profil hingga foto profil juga dienkripsi.

Semua pesan yang dikirim di Signal sudah dienkripsi secara end-to-end. Ini berarti semua pesan dan panggilan yang dipertukarkan dengan teman-teman Anda hanya akan terlihat oleh Anda dan teman Anda.

Di Signal memiliki fitur linked device aplikasi artinya pengguna bisa terhubung dengan banyak perangkat. Dengan fitur perangkat tertaut yang bisa banyak perangkat, pengguna dapat menggunakan aplikasi Signal di ponsel, laptop, tablet, atau perangkat lain, semuanya pada saat yang bersamaan. Hal yang tidak bisa dilakukan WhatsApp.

Selain itu, Signal dianggap Aplikasi perpesanan yang sederhana dan mengandalkan reputasi keamanan. Sebelumn Anda menginstallnya, berikut ini fitur Aplikasi Signal :

Mendukung Percakapan Personal dan Grup
Signal merupakan aplikasi chatting Personal dan Grup, namun belum ada secara pasti batasan jumlah anggota percakapan grup.

Dukungan End to end encryption
Signal merupakan produk dari Open Whisper Systems. Protokol yang ada di Signal kemudian juga dipakai di WhatsApp, Messenger, Skype, dan Google Allo. Metode enkripsi ini sudah melalui proses audit.

Disappearing Message
Signal memiliki fitur yang membuat pesan secara otomatis terhapus. Pilihan durasi mulai dari 5 detik sampai 1 minggu. Jika Anda memilih mengirim pesan seperti ini, akan muncul ikon jam pasir di tiap pesan.

Mendukung Tema Aplikasi
Sama halnya dengan aplikasi chatting yang lain, Anda bisa memilih tema terang dan gelap. Kalau terang, aplikasi akan bernuansa biru dan putih, sementara kalau gelap akan berwarna hitam.

Mengunci Aplikasi
Tujuannya pesan tidak bisa dilihat oleh mereka yang iseng membuka aplikasi ini di handphone Anda. Anda bisa membukanya seperti screen lock Android.

Mendukung Voice dan Video Call
Panggilan suara dan video melalui proses enkripsi.

Mengirim File
Anda bisa mengirim berkas gambar/foto, video, audio, atau dokumen.

Emoji dan GIF
Emoji dan GIF sudah menjadi salah satu cara ekspresi dalam percakapan. Tapi stiker yang ditambahkan ke foto, bukan jenis seperti stiker WhatsApp, stiker Telegram, atau LINE.

Mendukung Berbagai Platform
Signal tersedia diplatform Android, iOS, atau di komputer melalui browser (aplikasi web). Ada ekstensi Signal di browser Google Chrome untuk mempermudah akses di komputer.

Bisa jadi aplikasi SMS/MMS
Khusus smartphone Android, Anda bisa memakai aplikasi Signal sebagai aplikasi Pesan utama untuk SMS dan MMS. SMS dan MMS tidak melalui proses enkripsi.