Memilih Pakaian yang Cocok saat Cuaca Panas

    Cuaca panas saat ini membuat tubuh kita membutuhkan banyak sumber air, keringat dan aktivitas diluar ruangan berpotensi tubuh mengalami dehidrasi. Memilih pakaian yang tepat di saat cuaca panas perlu mendapat perhatian ekstra. Apalagi bagi Anda yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

    Pakaian yang kurang tepat bisa membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat, dan bahkan menimbulkan aroma tak sedap yang berpotensi menjadi masalah kulit. Untuk masalah itu, berikut beberapa tips pakaian apa yang cocok saat cuaca panas.

    Bahan pakaian

    Ada banyak pilihan bahan pakaian seperti wol, katun, polyester, sutra, nilon, dan linen. Namun ada baiknya dalam cuaca panas mengenakan pakaian berbahan katun atau linen. Selain dapat menyerap keringat, katun dan linen memungkinkan udara dalam kulit dapat bersirkulasi dengan baik.

    Baju tipis

    Saat cuaca panas sebaiknya hindari penggunaan pakaian berbahan tebal. Peningkatan suhu tubuh akan membuat keringat keluar semakin banyak dan udara di kulit tidak dapat bersirkulasi dengan baik. Direkomendasikan untuk menggunakan bahan pakaian yang lebih tipis.

    Warna Pakaian

    Pemilihan warna pakaian juga tidak kalah pentingnya saat cuaca lagi panas. Anda bisa memilih warna-warna terang seperti putih, biru cerah, pink hingga kuning. Warna tersebut akan memantulkan cahaya. Sebaliknya warna-warna gelap menyerap cahaya.

    Pakai ukuran longgar

    Memakai pakaian ukuran longgar juga akan membantu sirkulasi udara dalam kulit bekerja dengan baik. Pakaian ketat sangat rentan menimbulkan gesekan kulit. Apalagi dalam kondisi berkeringat bisa membuat kulit iritasi.