Manfaat Gerakan Olahraga Push-Up untuk Kesehatan

10

Ada banyak jenis olahraga yang dapat menguatkan tulang tubuh, salah satunya adalah push up. Gerakan olahraga push-up yang dilakukan banyak orang, karena gerakan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Hanya mengandalkan gerakan tangan dan tubuh, serta ruangan yang tidak terlalu luas.

Dalam posisi tengkurap, tangan menyentuh lantai dan mendorong sekuat tenaga hingga tubuh terangkat dengan makukan berulang kali sesuai kemampuan untuk mendapat hasil maksimal. Gerakan olahraga push up diyakini memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Push up juga bisa membangun keterampilan koordinasi dan sistem otot tubuh yang merupakan faktor penting dalam mobilitas sehari-hari seperti membawa barang, bergerak, dan lainnya.

Push up juga diyakini sangat efektif memperkuat tubuh bagian atas dan melakukan push up setiap hari dapat meningkatkan serat otot proprioseptif sehingga membantu menjaga tubuh kita tetap seimbang dan stabil.

Untuk melakukan push up, Anda tidak memerlukan peralatan apa pun, hanya lantai yang bersih untuk meletakkan telapak tangan dan kaki yang menyeimbangkan berat badan. Dikutip dari laman Boldsky, berikut manfaat dari gerakan Push-up :

Kesehatan jantung
Kebugaran secara fisik selalu dikaitkan dengan kesehatan jantung dan jika melakukakan push up dalam sehari-hari diyakini bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Memperpadat Otot
Ketika seseorang melakukan push-up setiap hari, otot-otot punggung mereka akan tumbuh dengan kuat dan membantu melakukan pekerjaan sehari-hari dengan lebih mudah. Push up adalah salah satu jenis olahraga fungsional yang dikenal untuk mengaktifkan otot-otot di seluruh tubuh, karena ketika push up bisa merasakan perkembangan otot-otot. Gerakan yang dilakukan dalam push up memang melibatkan banyak otot secara bersamaan, seperti dada, lengan, punggung atas dan inti, kaki sampai pinggul. Hal ini perlu, karena menguatkan seluruh otot pada tubuh bisa memberikan manfaat untuk menjaga berat badan ideal yang wajar, menguatkan tulang, meringankan gerakan tubuh sehari-hari, menjaga tekanan dan gula darah.

Meningkatkan produksi testosteron
Meningkatnya testosteron sangat berperan penting dalam membentuk tubuh pria, meningkatkan kinerja, membangun massa otot, dan pertumbuhan rambut.

Tulang lebih kuat
Manfaat luar biasa lainnya dari push up adalah membantu membuat tulang Anda lebih kuat karena sangat efektif dan memaksa setiap bagian tubuh diri kita untuk menahan berat tubuh sendiri.