Link Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan untuk Wilayah Makassar dan Sekitarnya

30
Ilustrasi

BERANDANEWS – Makassar, Muhammadiyah telah menerbitkan jadwal imsakiyah Ramadhan 1443 H/2022 M untuk seluruh daerah di Indonesia. Muhammadiyah sudah lebih dahulu menetapkan jadwal puasa dan imsakiyah Ramadan 1443 Hijriah atau tahun 2022 yang jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Penetapan jadwal puasa itu dilakukan lewat Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Adapun dalam maklumat tersebut, juga ditetapkan mengenai 1 Syawal 1443 H yang ditetapkan pada Senin, 2 Mei 2022. Penetapan awal Ramadan dan Syawal 1443 Hijriah tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Sementara Kementerian Agama dijadwalkan akan menyelenggarakan Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1443 Hijriah hari ini, Jumat 1 April 2022. Penentuan 1 Ramadhan 2022 dengan menggunakan metode hisab dan rukyat untuk memulai puasa Ramadhan akan dimulai.

Pemantauan hilal atau ukyatul hilal bakal dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota bekerja sama dengan instansi terkait lain dan organisasi masyarakat Islam di daerah.

Hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil pemantauan hilal akan dijadikan sebagai masukan dalam sidang isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan.

Adapun untuk Anda yang mulai berpuasa pada esok harinya, Sabtu (02/03) berikut jadwal Imsakiyah untuk Wilayah Makassar dan Sekitarnya dapat Anda unduh pada link dibawah ini.

1. Jadwal Imsakiyah Format PDF
2. Jadwal Imsakiyah Format JPEG

Semoga bermanfaat(*)