Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat

63

Hari Jumat memang memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam yang bersedekah. Tentunya kesempatan beramal ini tidak boleh disia-siakan begitu saja, agar mendapatkan manfaatnya. Diantaranya adalah:

Lebih Besar Pahalanya
Dikutip dari harkahislamiyah.com, Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwatkan; “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.

Seperti Sedekah di bulan Ramadhan
Disebutkan bahwa Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata; “Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Didoakan oleh Para Malaikat
Di pagi hari, sedekah juga menjadi keutamaan. Apalagi jika melaksanakannya di hari Jumat. Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad SAW, “Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa;

‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Menafkahkan harta di jalan Allah memang tidak selalu mudah. Kadang ada ujian, godaan, atau hambatan lainnya yang membuat kita enggan untuk bersedekah dari harta yang kita miliki. Namun tentu saja, dibalik sulitnya hal tersebut, selalu ada kemudahan. Semoga rezeki kita semakin berkah dengan bersedekah. Amin.