Kemenkominfo gelar Bimtek Sistem Penghubung Layanan Pemerintah

21
Bimbingan Teknis Sistem Penghubung Layanan Pemerintah. Acara ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 2 hingga 3 November 2023, dan diselenggarakan di Hotel Melia Makassar

BERANDANEWS – Makassar, Dalam rangka meningkatkan efisiensi pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) menggelar Acara Bimbingan Teknis Sistem Penghubung Layanan Pemerintah.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 2 hingga 3 November 2023, di Hotel Melia Makassar, Sulawesi Selatan.

Pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam menghubungkan layanan pemerintah menjadi fokus utama dalam acara ini. Tujuannya adalah untuk memberikan panduan dan pemahaman yang mendalam kepada peserta tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memperbaiki pelayanan publik dan memperkuat keterhubungan antarlembaga pemerintah.

Acara ini dibuka oleh Direktur Layanan Aplikasi Informasi Publik (LAIP) Kemenkominfo Republik Indonesia Ibu Sinta Nuryanti dan dihadiri oleh Kepala Bidang Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Aptika) yang mewakili Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan.

Bimbingan Teknis ini diikuti oleh sebanyak 51 peserta yang diundang khusus untuk menghadiri acara ini secara langsung (luring) termasuk Kadis Kominfo dan Persandian Kab. Bone H. Barham, S.T., M.M. bersama Kabid Teknologi Informatika Geldy Aditra Gunawan, S.H, M.Si. yang mengikutkan 2 orang staf teknis Diskominfo Kab. Bone, serta diikuti oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dari wilayah Indonesia Timur.

Peserta diharapkan akan mendapatkan wawasan mendalam tentang implementasi sistem penghubung layanan pemerintah, membangun jaringan kerjasama yang kuat antarlembaga, dan menjadikan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam layanan publik.

“Alhamdulillah Bone diberi jatah 4 orang di mana kuota yang sangat minim. Ini adalah wujud keseriusan kita yang ternyata gayung bersambut dan diberi kesempatan oleh Kemenkominfo. Bone memang tengah mempersiapkan kegiatan pembangunan Simpelda (Sistem Penghubung Layanan Pemerintah Daerah) yang sangat sejalan dengan program pemerintah pusat ini. Insha Allah November ini kita mulai, kata Kadis Barham di sela-sela pelaksanaan Bimtek.

Acara Bimbingan Teknis Sistem Penghubung Layanan Pemerintah ini merupakan upaya nyata Kemenkominfo dalam mendukung pemerintah daerah untuk meningkatkan layanan publik melalui teknologi informasi yang canggih dan efisien. Kami percaya bahwa kolaborasi antarlembaga dan pengetahuan yang mendalam tentang teknologi akan membawa manfaat besar bagi pelayanan publik yang lebih baik dan efisien.

Tentang Kemenkominfo: Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bertanggung jawab atas kebijakan, pengembangan, dan regulasi dalam bidang teknologi informasi, telekomunikasi, dan media di Indonesia.

Tentang Diskominfo: Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) merupakan instansi pemerintah daerah yang berperan dalam mengoordinasikan dan mengelola teknologi informasi serta layanan komunikasi di tingkat daerah.(*)