Kabupaten Takalar kembali meraih Penghargaan STBM Award

21
Kabupaten Takalar kembali meraih Penghargaan STBM Award

BERANDANEWS – Takalar, Pada rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 58 ini, Kabupaten Takalar kembali meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Berkelanjutan tahun 2022 setelah Tahun lalu, 2021 Takalar juga meraih STBM award.

Katagori berkelanjutan diraih karena Takalar menunjukkan konsistensinya menjalankan 5 pilar STBM yakni stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun, Pengolahan air minum dan makanan dengan benar, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Bupati Takalar Dr. H. Syamsari, S.Pt., M.M yang menerima penghargaan tersebut menyampaikan Takalar berhasil menjaga partisipasi setiap rumah tangga untuk menjaga sanitasi secara berkelanjutan, bahkan terus melakukan inovasi, termasuk pemilahan sampah organik dan nonorganik, diharapkan dapat berjalan baik dengan adanya kolaborasi pemkab dan masyarakat.

“STBM award berkelanjutan menunjukkan bahwa kita di Takalar berhasil menjaga partisipasi setiap rumah tangga untuk menjaga sanitasi secara kontinyu, bahkan terus melakukan inovasi, kita sudah ada pemilahan sampah organik dan an organik, mengolahnya menjadi kompos, magot dan pupuk cair yang berjalan baik karena adanya kolaborasi pemkab, lembaga pendidikan dan masyarakat ke depan harus lebih baik,” Kata Dr. H. Syamsari, di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Rabu (23/11).

Penghargaan bidang kesehatan lingkungan ini sebagai bentuk advokasi dan meningkatkan pembinaan untuk mendorong, menstimulasi, keberhasilan penyelenggaraan program penyehatan lingkungan.

STBM Award dilaksanakan untuk mewujudkan amanah UU no 36/2009 tentang kesehatan yaitu mencapai derajat kesehatan setinggi-tingginya.(*)