Jenis Makanan yang Aman di Konsumsi bagi Penderita Asam Lambung

70

Penyakit asam lambung dapat menimbulkan komplikasi berupa peradangan pada saluran kerongkongan atau esofagus. Peradangan tersebut dapat menyebabkan munculnya luka hingga jaringan parut di kerongkongan, sehingga penderita jadi sulit menelan. Guna mengurangi ketidaknyamanan akibat penyakit gerd atau penyakit asam lambung lainnya, Anda dapat memasukkan makanan tertentu dalam diet harian. Sebab penderita penyakit asam lambung tak boleh sembarangan makan.

Berikut sejumlah makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung, dilansir dari berbagai sumber.

Jahe
Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami, sehingga berfungsi sebagai pengobatan alami untuk mencegah rasa panas dalam perut. Anda bisa menambahkan parutan jahe parut atau irisan jahe ke dalam masakan atau minuman Anda untuk meringankan gejala asam lambung.

Buah tidak asam
Buah-buahan non citrus juga harus dikonsumsi untuk mencegah kambuhnya asam lambung. Termasuk makan melon, pisang, apel, dan pir. Buah in tidak memicu gejala kambuhnya asam lambung yang berbahaya.

Beras merah
Beras merah tidak akan membuat penderita penyakit asam lambung merasakan ketidaknyamanan. Makanan kaya serat ini akan menjadi teman yang pas untuk ayam atau salmon panggang. Hanya diingat untuk tidak menggorengnya, karena dapat membuat gejala asam lambung memburuk.

Kacang buncis
Tidak semua sayuran memiliki asam yang rendah. Jika Anda rentan terhadap penyakit asam lambung, mungkin perlu mengonsumsi kacang-kacangan hijau, termasuk buncis. Asupan ini juga merupakan sumber magnesium, mineral yang berperan untuk kontraksi saraf, di mana memiliki efek menenangkan

Oatmeal
Oatmeal adalah sarapan favorit banyak orang. Oatmeal inI terbuat dari gandum utuh dan sumber serat yang sangat baik. Oatmeal bisa menyerap asam di perut, sehingga mengurangi gejala refluks.

.