Jangan Lupa untuk mencuci Tangan sebelum menggunakan Masker

66

Menggunakan masker di tempat umum bertujuan agar terhindar paparan kuman penyebab penyakit, termasuk virus berbahaya seperti Covid-19. Tapi, tentu pemakaian yang benar yang akan memberikan manfaat tersebut. Namun masih banyak di antara kita yang menggunakan masker asal asalan malah dibiarkan terbuka misalnya hidung.

Sering kita jumpai ditempat umum, kesalahan menggunakan masker, sebelum menggunakan masker, pertama-tama sudah pasti cuci tangan terlebih dulu. Jika Anda jauh dari sumber air dan sabun, penggunaan hand sanitizer diperbolehkan, tapi cara cuci tangannya tetap sesuai dengan aturan. Kemudian, saat memegang masker, usahakan hanya talinya. Jadi, Anda sangat tidak disarankan memegang bagian luar atau dalam masker karena dikhawatirkan malah akan menyebarkan kuman di masker yang Anda akan gunakan.

Setelah itu, pastikan bagian atas menutupi hidung dan bagian bawah masker berada di bawah dagu. Ini memastikan tidak ada celah untuk virus yang ada di udara masuk ke dalam hidung atau mulut Anda.

Hal ini yang sering dilupakan orang-orang yaitu cuci tangan lagi dengan sabun atau hand sanitizer. Tindakan ini penting dilakukan supaya tangan Anda benar-benar bersih seusai memegang masker.