HKN Ke 58 dan Pemberian Penghargaan bagi Nakes dan Puskesmas Berprestasi di Luwu

27
Inspektur Upacara, HKN, Bupati Luwu, Dr Drs H Basmin Mattayang, MPd,

BERANDANEWS – Luwu, Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 58 Tahun 2022 di Kabupaten Luwu dipusatkan di lapangan Olahraga Andi Djemma Kota Belopa, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Kamis (17/11)

Kegiatan peringatan HKN tahun 2022 kali ini, dirangkaikan dengan upacara Hari Kesadaran Nasional. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Luwu, Dr Drs H Basmin Mattayang, MPd, sedangkan Sekretaris Dinas Kesehatan, H Alimuddin menjadi komandan upacara

Membacakan sambutan seragam Menteri Kesehatan RI, Bupati Luwu menyampaikan, peringatan HKN Ke 58 mengangkat tema “Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku”.

“Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat lndonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19, sehingga masyarakat lndonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar lndonesia kembali bangkit dan kembali sehat”, kata H Basmin Mattayang

Semua negara, diseluruh dunia, sedang menghadapi ujian. Krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Namun, di tengah tantangan yang berat, patut disyukuri, lndonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. lndonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19.

“Indonesia termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan total 442 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan oktober 2022. Meskipun begitu, kita tidak boleh lengah”, lanjutnya

Meski dihadapkan pada prioritas penanganan COVID-19, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional, seperti penurunan Angka Kematian lbu (AKl) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

“Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar transformasi Kesehatan, yakin transformasi layanan primer, transfomasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi Kesehatan”, ungkap H Basmin

Usai Upacara, Bupati Luwu melakukan penandatanganan prasasti peresmian Gedung Instalasi Farmasi Kesehatan dan Gedung Puskesmas Kamanre. Selain itu, Bupati juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada tenaga Kesehatan dan puskesmas berprestasi dibidang Kesehatan, seperti penyerahan sertifikat dan hadiah kepada tenaga Kesehatan yang berprestasi, penyerahan 2 unit Ambulans, masing-masing kepada puskesmas Suli Barat dan Bidang Pelayanan Kesehatan yang diperuntukkan untuk pelayanan Kesehatan bergerak.

Diserahkan pula sertifikat kepada penanggungjawab program terbaik, salahsatu diantaranya kepada Dr Hj Hayarna Basmin SH. MSi sebagai Ketua Forum kabupaten Sehat yang berhasil membawa Kabupaten Luwu meraih penghargaan Swasti Saba Wistara tahun 2021 dari Kementerian Kesehatan RI.