Google akan Akuisisi Firbit

67

Untuk mengembangkan produk wearable, induk usaha dari Google, Alphabet Inc, dikabarkan membuat penawaran untuk mengakuisisi perusahaan perangkat wearable Fitbit.

Informasi ini dikutip dari Reuters, Rabu (30/10/2019), Google dikabarkan memang mulai mengikuti jejak perusahaan teknologi seperti Apple dan Samsung yang selain memproduksi smartphone juga mengembangkan perangkat wearable.

Namun saat ini tidak ada informasi tentang kepastian negosiasi antara Google dan Fitbit akan mengarah ke mana. Sekadar informasi, nilai saham Fitbit diberitakan mengalami peningkatan sebesar 27 persen gara-gara berita ini. Kenaikan nilai saham itu membuat nilai kapitalisasi pasar untuk Fitbit pun meningkat menjadi USD 1,4 miliar.

Serupa, karena kabar ini, nilai saham Alphabet meningkat 2 persen menjadi USD 1.293,49 per lembarnya.Google dengan nilai USD 40 juta.

Kesepakatan untuk membeli Fitbit ini datang karena dominasi Fitbit di sektor pelacak kebugaran. Kabarnya perusahaan lainnya, yakni Huawei dan Xiaomi, juga memberi penawaran dengan nilai lebih kecil pada Fitbit.

Fitbit memang terkenal dengan teknologi monitoring langkah pengguna, kalori yang terbakar, dan jarak yang ditempuh selama berjalan kaki atau olahraga. Tak hanya itu, Fitbit mampu mendeteksi durasi dan kualitas tidur, detak jantung, sampai ke jumlah lantai yang didaki.

Fitbit bisa dibilang sebagai salah satu pionir di bidang perangkat sandang. Fitbit pernah bermitra dengan asuransi kesehatan dan mengakuisisi pasar health care. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendiversifikasi aliran pendapatannya.

Analis mengatakan, sebagian besar nilai perusahaan sekarang terletak pada data kesehatan yang Fitbit.

Pendapatan Fitbit dilaporkan jauh berada di bawah harapan pada pertengahan 2019 lalu. Hal ini karena penjualan smartwatch Versa Lite mereka yang dianggap mengecewakan.

Perangkat ini dibanderol USD 160 dan versi lebih mahalnya USD 200. Sayangnya Versa Lite tidak dibekali dengan kemampuan untuk menyimpan musik secara langsung.

Kesepakatan dengan Fitbit ini bukanlah kesepakatan pertama Google di bidang perangkat wearable.

Sebelumnya pada awal tahun, Fossil Group juga mengatakan menjual hak kekayaan intelektual mereka terkait teknologi smartwatch kepada Google dengan nilai USD 40 juta.