Facebook akan segera Saingi Apple TV

41

Facebook sebagai platform media sosial terbesar di dunia dikabarkan segera meluncurkan perangkat streaming tv untuk menandingi Apple TV. Perangkat ini disebut memiliki kamera yang bisa dipakai untuk melakukan panggilan video dan didukung teknologi augmented reality (AR).

Perangkat terbaru ini merupakan bagian dari Portal, penyedia smart display yang dikembangkan oleh Facebook. Selain kamera, TV ini juga akan dilengkapi dengan mikrofon jarak jauh yang akan memudahkan saat melakukan panggilan video.

Facebook sepertinya tidak akan menambahkan build-in speaker pada perangkatnya. Sebab, build-in speaker dapat menyebabkan distorsi audio seperti gema yang akan mengganggu selama melakukan panggilan video. Dikabarkan sejumlah penyedia layanan streaming seperti Netflix dan Disney juga telah dihubungi Facebook untuk menambahkan layanannya pada perangkat baru tersebut.

Soal konten agregator, Facebook sepertinya belum bisa mengonfirmasinya. Namun, hal serupa pernah diterapkan salah satu perusahaan VR Facebook, Oculus. Oculus sendiri menawarkan aplikasi bernama Oculus TV, di mana bekerja sebagai konten agregator dari sejumlah penyedia layanan streaming seperti Pluto dan Red Bull TV.

Belum jelas bagaimana detil TV ini nantinya. Namun mengingat persoalan pelanggaran privasi yang kerap dilakukan Facebook membuat TV ini berpotensi melakukan hal yang sama. Adapun perusahaan lain yang pernah mencoba hal serupa yakni menambahkan kamera pada Smart TV-nya adalah Samsung. Namun Samsung kemudian memutuskan untuk tidak lagi menambahkan fitur kamera pada tv pintarnya setelah mengetahui kemungkinan peretasan. (red)