Durasi Olahraga yang Efektif ditengah Pandemi

7

Menjaga imunitas agar tubuh sehat menjadi salah satu aktivitas penting ketika masa pandemi covid-19 ini. Salah satunya dengan berolahraga, tujuannya membuat tubuh jadi lebih sehat dan bugar. Hal ini otomatis akan membuat lebih besar terhindar dari wabah penyakit tersebut. Berolahraga di tengah pandemi covid-19 wajib memerhatikan keseimbangan energi tubuh agar tubuh selalu dalam keadaan fit untuk menjalankan aktivitas berat.

Berolahraga dengan memerhatikan keseimbangan energi, aktif secara fisik, disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur atau intesitasnya dan durasinya disesuaikan dengan kebiasaan. Kemudian jika ditingkatkan harus dilakukan secara bertahap. Rutin berolahraga dengan durasi yang tidak sesuai, atau melakukan olahraga sesuka hati, kadang berat sekali besoknya ringan dan seterusnya. Ini justru berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Para ahli kesehatan menyarankan olahraga di luar ruang seperti berlari, bersepeda, atau sebatas jalan cepat selama 30 menit setiap hari. Anda bisa melakukan Lari, joging, sepedaan, jalan cepat dengan durasi 30 menit sekali olahraga setiap hari.

Perlu diingat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yakni mengenakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan sebelum serta sesudah menyentuh permukaan benda. Berolahragalah dengan memerhatikan kaedah yg berisiko rendah terhadap penyakit pandemi. (*)