Cetak Foto Berlangganan bakal Tersedia di Google Photo

158

Bagi Anda yang tertarik untuk mencetak foto digital, ada kabar baik dari Google Photo. Dikabarkan Google Photos menawarkan jasa cetak foto berlangganan seharga USD 7,99 atau Rp 110 ribuan per bulan.

Secara otomatis Google akan memilih foto dari 30 hari terakhir dan mencetaknya dalam ukuran 4 x 6 lalu akan dikirimkan ke Anda. Anda memang tidak bisa memilih mau mencetak yang mana saja, Anda perlu bergantung pada AI Google yang mana foto terbaik untuk dicetak. Dalam hal ini Google memanfaatkan beberapa teknologi dari Google Clips, kamera berbasis AI yang telah dilatih untuk mengabadikan momen terbaik Anda atau foto terbaik dalam 30 hari terakhir.

Meskipun saat ini masih dalan tahap diuji dan belum ada informasi kapan akan diluncurkan.

Sebelumnya, Facebook merilis tools yang memungkinkan penggunanya mentransfer foto dari galeri raksasa media sosial itu ke Google Photos. Dirilis untuk pengguna di Irlandia, tools ini baru akan tersedia ke pengguna di seluruh dunia pada paruh pertama 2020.

“Selama hampir satu dekade, kami (Facebook) memungkinkan pengguna untuk mengunduh informasi dari layanan media sosial,” ungkap Steve Satterfield, director of privacy and public policy di Facebook.

Facebook akan mulai mengujicoba tools transfer foto yang dibuat berdasarkan kode open-source dari Data Transfer Project.”

Adapun Data Transfer Project ini juga mencakup partisipisan, seperti Apple, Google, Microsoft, Twitter dan lainnya.

Facebook mengatakan, tool ini akan diawali dengan Google Photos. Di masa mendatang, perusahaan akan menambah layanan lainnya yang bakal bisa integrasi ke Facebook.

Seperti disebutkan, Facebook baru akan mengujicobakan tools ini di Irlandia, dan akan meng-update-nya saat ada masalah berdasarkan feedback penggunanya.

Bagi Anda yang sering lupa mengaktifkan backup otomatis ke Google Photos, tool ini sangat berguna sekali.

Karena, saat Anda memakai Facebook dan Google Photos sering mem-backup foto, maka kemungkinan sebagian besar foto yang di post ke medsos itu sudah dicadangkan di layanan Google.