Cara menghilangkan Jamur pada Pakaian

154

Menggunakan pakaian yang bersih saat beraktivitas mempengaruhi produktivitas saat bekerja. Namun apa jadinya, jika pakaian yang Anda pakai terpapar jamur yang sudah lama pada pakaian atau tempat lain tentunya dapat menyebabkan risiko kesehatan seperti masalah pernapasan atau infeksi. Karena itu, cara menghilangkan jamur dari kain menjadi hal yang penting bagi banyak orang.

Untuk menghilangkannya, biasanya kita sering menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda jamur. Namun, bahan kimia yang keras dalam produk ini dapat merusak pakaian dan juga membahayakan kesehatan. Berikut ini beberapa tips cara menghilangkan jamur dari kain secara alami tanpa pemutih yang bisa Anda coba dir umah.

1. Air panas

Air panas akan menjadi yang pertama dan juga salah satu tips terbaik tentang cara menghilangkan jamur dari kain secara alami di rumah yang bisa Anda coba. Anda tidak boleh meremehkan metode sederhana ini karena efektifitasnya tidak perlu diragukan.

Cucilah kain Anda dalam air panas sesegera mungkin diyakini cara paling aman untuk menyelamatkan pakaian Anda. Ini dapat menghilangkan jamur lebih efisien dan cepat daripada menggunakan air dingin. Ini juga membantu menghilangkan alergen dan spora jamur. Ingatlah bahwa Anda harus memastikan bahwa airnya tidak terlalu panas sehingga tidak merusak kain.

2. Jus lemon

Jus lemon adalah salah satu bahan alami terbaik karena dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bahan dalam memasak, komponen produk medis yang kuat, dan bahkan metode yang efektif untuk menghilangkan noda, termasuk jamur dari kain. Jus lemon selalu disebut-sebut sebagai salah satu pilihan terbaik untuk menghilangkan jamur pada kain.

Anda cukup oleskan jus lemon pada kain yang terkena jamur, lalu taburkan sedikit garam pada kain untuk kinerja lebih baik. Selanjutnya, biarkan kain mengering di bawah sinar matahari, dan bilas sebelum dicuci seperti biasa. Jus lemon selalu dianggap sebagai metode paling tradisional untuk pembersihan. Jika Anda memiliki masalah dengan jamur, cobalah.

3. Cuka Putih

Sebagai salah satu pembunuh ringan yang sangat baik, akan menjadi kesalahan besar jika cuka putih tidak ada dalam daftar cara menghilangkan jamur dari kain. Cairan ini telah terkenal akan manfaatnya bagi kecantikan dan kesehatan. Namun, ini juga merupakan anugerah alam dengan kemampuan untuk menghilangkan lebih dari 80% spesies jamur.

Anda bisa mencampurkan cuka putih dengan air, lalu rendam kain dalam larutan ini selama 1 jam. Setelah itu cuci seperti biasa sampai jamur menghilang. Satu hal yang perlu diingat bahwa cuka dapat berinteraksi dengan pemutih dan membentuk gas beracun. Karena itu, pastikan Anda tidak mencampurnya dengan produk yang mengandung pemutih untuk keamanan.

4. Baking Soda

Tidak perlu diragukan lagi tentang penggunaan soda kue sebagai cara yang efektif untuk menghilangkan jamur dari kain, soda kue tidak akan mengecewakan Anda dengan kinerjanya.

Anda bisa mencampurkan cuka dan air hangat bersamaan, lalu semprotkan larutan ini pada area yang terkena jamur dan biarkan selama 10 menit. Kemudian, oleskan baking soda ke area itu ketika masih lembap dengan cuka. Setelah itu cuci pakaian dan keringkan seperti biasa.

Dengan beberapa tip sederhana di atas untuk rutinitas harian, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga yang digunakan untuk menemukan cara bagaimana menghilangkan jamur dari kain.