Cara mengakses Smartphone saat Lupa Password

90

Fungsi dari fitur keamanan pada smartphone baik berupa password atau pola untuk membuka perangkat bertujuan untuk melindungi data privasi pengguna smartphone. Namun, apa jadinya jika seseorang lupa untuk membuka smartphonenya. Pastinya hal tersebut akan sangat menyulitkan dan membuat khawatir.

Berikut beberapa tips untuk Anda bagaimana mendapatkan akses ke smartphone saat lupa membuka password, seperti dilansir dari laman Android Pit:

1. Buka Find My Device
Ini merupakan cara sederhana dan terbaik untuk mendapatkan kembali akses ke smartphone, setelah Anda lupa password. Pertama-tama, masuk layanan Find My Device di Google melalu komputer. Kemudian pili daftar perangkat dari akun Google Anda.

Kemudian, cobalah untuk mengunci ponsel Anda dengan kode baru. Nantinya, itu menimpa kode asli yang Anda lupa. Kemudian, Anda akan memiliki akses ke ponsel Anda lagi.

2. Smartlock
Beberapa sistem Android terbaru memiliki keamanan yang lebih ketat daripada versi lama. Beberapa ponsel memiliki fitur Smartlock yang memungkinkan pengguna untuk membuka ponsel secara otomatis dalam kondisi tertentu.

3. Opsi Keamanan Pihak Ketiga
Beberapa produsen ponsel cerdas sering menggabungkan perangkat lunak keamanan mereka sendiri ke dalam perangkat, seperti Find My Mobile oleh Samsung. Fitur-fitur tersebut dapat sangat berguna untuk mengatasi lupa password.

4. Reset Pabrik
Cara untuk mengatasi lupa password yang terakhir adalah melakukan reset pabrik. Akan tetapi hati-hati karena ini akan menghapus semua data di perangkat Android Anda, jadi lakukan ini hanya jika Anda benar-benar telah mencoba semua opsi di atas.