Cara Mengajarkan Anak menggunakan Masker

138

Penggunaan masker saat ini menjadi hal penting, yang berguna untuk melindungi hidung dan mulut menjadi hal wajib yang dipakai saat setiap keluar rumah. Di kehidupan new normal, hidup berdampingan dengan virus corona sekarang masker dan pakaian jadi kebutuhan wajib yang sangat penting.

Persoalan untuk selalu memakai masker ini di sisi lain jadi tugas baru bagi para orangtua terhadap anak. Tidak mudah tentu untuk memastikan anak agar selalu patuh memakai masker, sebagai salah satu upaya melindungi diri dari infeksi COVID-19.

Sebagai orang tua penting bagi Anda untuk mengajarkan anak untuk selalu pakai masker, ada dua cara sederhana yang bisa dilakukan oleh para orangtua. Yaitu pertama ialah dengan memberikan contoh yang tepat secara langsung, sebab pada dasarnya anak-anak adalah peniru yang ulung. Begitu melihat orang-orang terdekatnya, dalam hal ini orangtuanya sendiri melakukan sesuatu, maka anak akan langsung menirunya tanpa perlu disuruh.

Triknya sama kayak mengajarkan anak cuci tangan atau etika batuk, kita sebagai orang tua harus memberikan contoh, melakukannya dengan benar. Anak lihat lalu dia akan meniru, anak itu kalau diinstruksikan malah enggak mau. Tapi kalau dia lihat langsung yang orang tuanya lakukan, pasti akan menirukan apa yang Orang tuanya lakukan.

Trik kedua bisa dengan memilihkan masker khusus anak, masker khusus anak-anak biasanya dijual di pasaran dengan menampilkan berbagai gambar lucu dan warna-warna yang eye-catching sehingga membuat anak semakin tertarik. Pakai masker yang unik atau yang membuatnya terhibur. Pakai masker yang bergambar misalnya intinya harus pas menutupi mulut dan hidung anak dengan sempurna. Semoga bermanfaat.