Bupati Maros harap Produk Lokal UMKM diberi Kemudahan oleh Perusahaan Retail Modern

14
Bupati Maros harap Produk Lokal UMKM diberi Kemudahan oleh Perusahaan Retail Modern

BERANDANEWS – Maros, Bupati Maros AS Chaidir Syam berharap produk lokal dari hasil produksi UMKM Maros diberi kemudahan oleh pengusaha retail modern untuk masukkan dan pasarkan produk-produknya di toko retail modern saat melakukan penjajakan dengan perusahaan retail modern, Kamis (15/7).

“Kita harap toko retail modern bersinergi dengan UMKM Maros sehingga produknya bisa dipasarkan di toko retail modern tersebut. Pemkab Maros siap memfasilitasi dan backup kebutuhan UMKM agar bisa masuk ke toko-toko retail modern dan bersaing dengan brand-brand yang sudah terkenal,” jelas Chaidir.

Menurut Chaidir, salah satu bentuk dukungan Pemkab Maros yakni dengan pemanfaatan rumah kemasan yang telah ada yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk mengemas produk UMKM Maros sehingga menarik dan layak dipasarkan.

“Kami akan melakukan pendampingan melalui Dinas Kopumdag dan juga HIPMI Maros serta Dekranasda dengan memanfaatkan rumah kemasan dan gedung pusat ole-ole sebagai tempat memamerkan produk UMKM. Nantinya perusahaan retail modern melihat produk UMKM ini, yang layak akan dibawa masuk ke toko-toko retail,” jelasnya.

Sementara itu, Manager Merchandise Alfamidi Joni mengatakan, manajemen Alfamidi memiliki konsep untuk kerjasama dengan merangkul pengusaha UMKM untuk sama-sama berkembang.

“Di beberapa daerah kami bekerjasama dengan UMKM lokal dan kami siapkan space khusus di toko-toko kami untuk produk UMKM,” paparnya.

Selain itu menurutnya, selama ini produk UMKM terkendala pada kemasan dan ijin dan ini merupakan hal wajib yang harus dipenuhi oleh UMKM.

“Kalau kemasan sudah cukup banyak produk UMKM yang menarik. Syarat masuk retail sendiri itu harus ada kode produksi, logo, merk dagang, masa berlaku, izin halal dari MUI dan BPOM. Dan jika produk diminati dan berkualitas tidak menutup kemungkinan kita bantu pasarkan di retail kota-kota lain,” bebernya. (*)