Apple Berencana membuat iPhone tanpa Port pada 2021

77

Dikutip dari The Verge, Analis Ming-Chi KuoKuo mengatakan Apple berencana merilis iPhone tanpa kabel. Jadi, Apple akan memangkas keberadaan lightning port, termasuk kemungkinan memakai port type-C. Selanjutnya fitur pengisian daya termasuk sinkronisasi akan dilakukan secara nirkabel. Apabila prediksi ini benar, Apple berarti akan mengambil langkah perubahan besar-besaran.

Perusahaan berbasis di Cupertino itu sangat mengandalkan lightning port sejak 2013. Meski pernah digosipkan bakal memakai port type-C, tapi nyatanya hal itu tidak terjadi hingga sekarang. Selain iPhone 2021, Kuo juga membahas iPhone yang akan rilis tahun depan. Dia mengatakan pada 2021 Apple akan merilis lima model iPhone. Salah satu model iPhone yang rilis adalah SE 2. Smartphone ini disebut memiliki layar LCD berukuran 4,7 inci dan memiliki desain mirip iPhone 8.

Sementara untuk empat model lain, Apple dikabarkan akan memakai layar OLED dan semuanya mendukung jaringan 5G. Serupa dengan tahun ini, dua model iPhone akan memiliki tiga kamera belakang dan diposisikan sebagai penerus iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Lalu, dua model lainnya dilaporkan sebagai penerus iPhone 11 yang memiliki dua kamera belakang. Namun perbedaannya, Apple merilisnya dalam dua ukuran layar, yakni 6,1 inci dan 5,4 inci.

Selain prediksi dari Mi-Ching Kuo, analis di JP Morgan, Samik Chatterjee, juga sempat membuat prediksi lain. Apple diyakini akan membagi peluncuran iPhone dua kali dalam satu tahun.

Selain itu, Apple dapat memilih untuk meluncurkan iPhone pada musim panas dilanjutkan acara kedua pada musim gugur. Belun diketahui bagaimana atau seri apa yang bakal diumumkan Apple secara terpisah, namun banyak yang memprediksi Apple bisa fokus meluncurkan iPhone kelas bawah, sementara berikutnya seri flagship.

Lebih lanjut, kabar dua kali peluncuran iPhone dalam setahun ini semakin memperkuat kabar iPhone 2 SE tahun depan. Sesuai prediksi yang beredar di internet, iPhone SE 2 akan diumumkan pada Maret 2020. Lebih awal dari jadwal peluncuran iPhone sebelumnya.