Akupresur, Tehnik Pijat untuk menghindari Stres

202

Selama pandemi Corona dikhawatirkan banyak orang yang mengalami stres. Selain karena tekanan pekerjaan yang terpengaruh masa karantina, harus berdiam di rumah hingga cemas dengan situasi dunia bisa jadi membuat kalut pikiran.

Tak heran jika semakin banyak orang yang sulit tidur ketika malam. Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan akupresur di lima titik berikut ini:

1. Sakit Kepala – Tengah Dahi
Stres sering menyebabkan kepala terasa berat. Untuk sedikit menenangkan diri, Anda bisa melakukan akupresur di bagian tengah wajah, tepatnya di bagian dahi tepat di tengah alis. Tekan area tersebut dengan telunjuk dan jari tengah sambil tarik napas selama empat hitungan. Lalu buang napas secara pelan-pelan dan tarik napas lagi selama lima hitungan. Ulangi hingga merasa tenang.

2.. Sakit Perut – Di Bawah Pergelangan Tangan
Tak hanya kepala, stres sering kali menyerang perut. Untuk mengatasinya, Anda bisa menekan bagian pergelangan tangan. Titik yang disasar adalah dua jempol di bawah pergelangan tangan menuju ke siku. Tekan bagian tersebut selama 30 detik selagi bernapas dalam lalu ulangi untuk sisi satunya.

Titik ini dapat menenangkan hati dan jiwa, dan menyembuhkan sakit perut karena stres. Itu juga bisa menenangkan rasa kesal dan mendukung tidur yang lebih nyenyak.

3. . Gangguan Cerna – Tulang Iga
Stres selama pandemi Corona mungkin membuat sebagian dari Anda beralih ke makanan untuk menenangkan diri. Tak jarang kebanyakan makan malah menyebabkan gangguan pencernaan. Jika itu terjadi, titik yang berlokasi di sekitar tulang iga tepatnya di bawah puting payudara. Gunakan tiga ruas jari tengah, tekan selagi tarik napas selama lima hitungan. Pelan-pelan hembuskan napas selama lima hitungan.

4. Insomnia – Bagian Dalam Kaki
Belakangan semakin banyak orang mengeluhkan masalah insomnia. Selain karena stres, kurangnya aktivitas dan paparan sinar matahari juga menyebabkan sulit tidur selama pandemi Corona. Jika itu terjadi pada kamu, coba duduk di bangku lalu taruh satu kaki di atas paha. Cari bagian pergelangan kaki lalu hitung jarak dengan empat jari menuju ke lutut.

Anda akan merasakan tulang (tibia), titiknya berlokasi di balik tulang itu. Tempatkan tiga ruas jari tengah pada bagian itu lalu tekan dengan bantuan tangan lainnya (seperti sedang main papan Ouija) selama satu atau dua menit.

5. Tenangkan Hati – Telapak Kaki
Ketika stres atau rasa lelah membuat Anda merasa tidak tenang, coba duduk sebentar lalu cari telapak kaki. Titik akupresur bisa dengan mudah ditemukan di bagian belakang telapak kaki yang berbentuk bulat. Tekan bagian tengahnya selama satu menit untuk menenangkan hati dan pikiran. Stefanie juga mengatakan cara ini dapat menenangkan rasa amarah dan frustrasi.