62 Tahun Maros, Plt Gubernur: Selalu dalam Sinergi

19
62 Tahun Maros, Plt Gubernur: Selalu dalam Sinergi

BERANDANEWS – Maros, Percepatan ekonomi dan pembangunan di Sulsel tidak lepas dari dukungan pemerintah provinsi kepada semua kabupaten/kota, baik secara finansial ataupun support secara langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Termasuk kepada Kabupaten Maros.

Dampak Covid-19 pada berbagai sektor. Sektor perekonomian perlu ditingkatkan. Pemerintah provinsi, melakukan dukungan termasuk melalui bantuan keuangan. Ia menyebutkan, untuk Kabupaten Maros di tahun 2021 dari APBD Provinsi sebanyak Rp 60 miliar diberikan. Ini ditujukan bagi pertanian, irigasi, infrastruktur jalan dan lainnya. Diantaranya bantuan keuangan senilai Rp 10 miliar, untuk rehabilitasi daerah irigasi untuk jaringan DI Kalengkere; jaringan DI Manarrang; jaringan DI Bulu Marapa; jaringan DI Damma’ peningkatan jalan ruas cendrana (sempatu) Camba-Bonto Cani, serta dana penanggulangan stunting dan gizi buruk.

“Di tahun 2021 ini, APBD masuk dari provinsi sekitar Rp 60an miliar untuk seluruh. Termasuk sistem irigasi dan ruas jalan untuk daerah strategis, merupakan daerah strategis terisolir yang in line dengan program kami dengan Bapak Bupati dan Wakil Bupati,” kata Andi Sudirman Sulaiman, saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Maros dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Maros ke-62, di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Senin, 5 Juli 2021.

Ia menyebutkan, peranan strategis Maros sebagai bagian wilayah Mamminasata yang juga berbatasan langsung dengan Makassar sangat penting. “Maros menjadi wilayah strategis kota penyangga dan sebagai kota dengan destinasi wisata alam Bantimurung dan Geopark Rammang-rammang,” sebutnya.

Sehingga penting juga membangun infrastruktur yang menghubungkan Maros dengan wilayah tetangga dan sekitarnya, seperti Bone, Pangkep, Barru dan Soppeng. “Inilah kenapa Parigi-Bungoro kita rintis. Di sana salah satunya juga adalah mendekatkan akses-akses di wilayah segi tiga atau segi empat yang ada di Maros, Soppeng, Bone, Pangkep dan Barru,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Andi Sudirman juga meresmikan dan menandatangani prasasti proyek-proyek tahun 2021. Penandatangan prasasti pada pembangunan peningkatan jalan Arra-Damma, Kecamatan Tompobulu dan jalan Tombolo-Tala-tala, Kecamatan Tompobulu. Plt Gubernur juga menyerahkan CSR dari Bank Sulselbar untuk fasilitas sarana dan prasarana olahraga dan seni yang diterima oleh Bupati Maros.

Bupati Maros, Andi Syafril Chaidir Syam, menyampaikan capaian awal di lima bulan kepemimpinan yang ditorehkan dapat dilanjutkan dan tingkatkan lagi, kekurangan dapat diperbaiki, dan ke depan semakin maju dengan dukungan Pemerintah Sulsel. “Atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Bapak Plt Gubernur Sulsel, Ibu Ketua DPRD Sulsel serta seluruh jajaran yang telah memberikan banyak perhatian untuk pembangunan kita di Kabupaten Maros. Dan terima kasih kepada Bank Sulselbar yang memberikan bantuan CSR,” ujarnya.

Demikian juga dengan Ketua DPRD Kabupaten Maros, Andi Patarai Amir, mengatakan, DPRD Maros dan segenap masyarakat mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas atensi yang begitu besar dari Plt Gubernur Sulsel dalam memperkuat kondisi fiskal daerah. “Melalui bantuan keuangan ke daerah yang terus menerus mengalami peningkatan. Semoga sinergitas untuk kemajuan akselarasi pembangunan di Sulsel. Khususnya di Kabupaten Maros akan terus terbina dengan baik dari masa ke masa yang akan datang,” ucapnya. (*)