6 Cara menghilangkan Pikiran Negatif agar Lebih Produktif

Berpikiran negatif dapat menghalangi kita menikmati pengalaman berharga, mengalihkan perhatian kita dari fokus pada hal penting, dan menguras energi kita. Jika pikiran negatif terus dibiarkan menumpuk, itu bisa membuat kita merasa cemas dan tertekan. Sebaiknya mulai sekarang kurangi kebiasaan berpikiran negatif.

Ketika Anda sudah berusaha untuk menghilangkan negative thinking tapi masih belum berhasil? atau mungkin pikiran negatif itu terus saja mengganggu? Dan lantas bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif, berikut Ulasannya

Temukan Subjeknya
Pemikiran negatif bisa saja muncul karena ada masalah atau emosi yang perlu Anda komunikasikan. Tidak baik menyimpan semuanya untuk diri sendiri. Jika ada sesuatu yang perlu dibicarakan, Anda harus melakukannya. Itu akan membantu Anda menempatkan masalah dalam perspektif sehingga Anda dapat menanganinya dengan lebih efektif.

2. Mengubah Fokus
Pemikiran negatif adalah hasil dari sudut pandang yang buruk. Perhatikan sudut pandang yang Anda ambil sebelum hal-hal yang terjadi di sekitar Anda. Pada dasarnya, Anda mengatakan hal yang sama, hanya saja kita harus memiliki sudut pandang yang lebih positif. Sering kali, perubahan kecil pada fokus dapat membuat perbedaan besar dalam pola berpikir.

Berubah Lebih Kreatif
Ketika pikiran negatif datang, cobalah mencari jalan keluar yang kreatif untuk mengatasi pikiran tersebut. Anda bisa memulainya dengan menulis sesuatu, menggambar atau melukis. Menggambar pemandangan alam mungkin bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda. Menjelajahi emosi melalui kreativitas berfungsi sebagai terapi diri yang akan meningkatkan suasana hatimu. Kreativitas bisa terasa seperti pelepasan. Ketika Anda memproses emosi melalui suatu bentuk seni atau kreativitas, Anda mendobrak dinamika kebiasaan pikiran dan akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami dan mengendalikannya.

Jauhi Lingkungan Negatif
Apa yang Anda pikirkan berada di dalam pikiran, mudah untuk berasumsi bahwa disinilah mereka terbentuk. Tapi itu hanya sebagian yang benar. Terkadang pikiran kita adalah hasil dari lingkungan kita. Misalnya, jika Anda dikelilingi oleh orang-orang negatif, Anda cenderung mulai berpikir negatif juga. Menjauh dari lingkungan negatif ini dapat sangat membantu. Berjalan-jalan sebentar menuju suatu tempat seperti taman atau museum sudah cukup. Waktu yang Anda habiskan untuk menjauh dari pengaruh negatif akan memberi Anda ruang ketenangan yang diperlukan.

Mengambil Hal Positif
Apakah Anda sudah melupakan semua hal baik di sekitarmu? Terkadang, dalam rutinitas sehari-hari, kita kehilangan fokus pada hal-hal yang cukup baik yang hadir dalam hidup kita. Anda harus melatih pikiranmu untuk kembali fokus pada semua hal baik yang terjadi di sekitar. Buat daftar setiap hal yang harus Anda syukuri, tidak peduli seberapa kecil hal itu. Jangan anggap remeh kebaikan atau hal positif. Terkadang hal-hal baik dalam hidup kita ada tepat di depan kita. Berhentilah menjadi buta terhadap semua hal positif yang sudah Anda miliki.

Alihkan dengan Kesibukan
Ketika Anda sibuk, Anda tidak akan punya waktu untuk mengkhawatirkan pikiran-pikiran yang berpacu di kepalamu. Memiliki kesibukan adalah cara yang bagus untuk melawan emosi negatif dan tetap positif. Ketika rencana kita sedang berjalan, kita merasa penuh harapan dan termotivasi.

Apakah Anda pernah mendapatkan ide terbaik dan paling kreatif saat Anda berjalan, mandi, mengemudi, atau bermimpi? Ternyata itu sudah terbukti secara ilmiah bahwa kita paling kreatif selama aktivitas penghasil dopamin dan saat pikiran kita terganggu. Karena itu, menjadi sibuk dapat meningkatkan kreativitasmu. Menyibukkan diri juga menantang otak Anda untuk berpikir kreatif agar dapat menemukan solusi baru. (*)