5 Tips membeli Charger Smartphone yang Tepat

74

Pernahkah Anda kehilangan Charger? Tentunya hal yang menjengkelkan jika kehilangan charger bawaan ponsel padahal aksesori tersebut adalah hal yang sangat penting karena berguna untuk mengisi daya baterai smartphone milik Anda.

Lebih mengesalkan lagi jika ternyata produsen ponsel yang Anda beli produknya, tidak menyertakan charger bawaan di dalam kotak dengan berbagai alasan. Tentunya, mau tidak mau, Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli charger.

Nah, bagi Anda yang kehilangan charger bawaan smartphone milikmu atau jika produsen ponsel yang Anda beli produknya pelit memberikan charger bawaan, berikut 5 tips untuk memilih pengisi daya yang tepat buat gawai milik Anda.

1. Beli langsung dari service center

Mengunjungi service center smartphone dan tanyakan charger yang sesuai dengan ponsel Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi toko online maupun fisik untuk membeli charger asli yang sesuai dengan ponsel Anda. Usahakan untuk memilih penjual yang sudah teruji kualitas produk yang ditawarkan dengan cara melihat ulasan para pembeli. Anda juga bisa memilih penjual di toko online yang memiliki label “verifikasi” yang menandakan bahwa penjual tersebut memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Dengan demikian, tak hanya mendapat charger yang cocok dengan smartphone Anda, keaslian produk yang Anda beli juga dapat terjamin.

2. Charger original bekas yang masih berfungsi

Charger original bekas juga pada umumnya relatif memiliki umur yang lebih panjang ketimbang produk abal-abal yang sejenis, yang biasanya dijual dengan harga yang sangat miring.

Oleh karena itu, Anda juga bisa mempertimbangkan charger bekas milik orang lain dengan ketentuan, Anda mesti yakin jika pengisi daya tersebut benar-benar asli dan masih layak digunakan.

3. Buatan pihak ketiga yang sudah teruji kualitasnya

Beberapa merek charger pihak ketiga yang sudah teruji kualitasnya seperti Aukey, Ugreen, Miniso dan sebagainya merupakan produk pihak ketiga yang bisa Anda pertimbangkan sebagai pengisi daya ponsel Anda.

Bagi Anda pengguna smartphone buatan Apple, pilih merek charger pihak ketiga yang sudah bersertifikasi MFi (Made For iPhone) karena dapat dipastikan kualitas charger yang mereka tawarkan sudah diverifikasi oleh Apple sendiri.

4. Sesuaikan daya charger dengan baterai ponsel

Sebaiknya pilih pengisi daya yang menghasilkan arus listrik sesuai dengan yang tertera di baterai smartphone Anda. Jika baterai ponsel Anda mampu menerima arus listrik 2 ampere, maka usahakan untuk memilih pengisi daya yang mengeluarkan arus listrik tidak lebih dari 2 ampere atau kurang dari itu. Demikian juga dengan besaran ampere baterai ponsel lainnya, harus disesuaikan dengan pengisi daya yang hendak digunakan.

Hal ini dikarenakan jika terlalu tinggi, dapat membuat baterai ponsel Anda cepat panas selama proses charging serta berakibat pada kerusakan. Dan jika terlalu rendah, dapat membuat proses charging menjadi lambat serta mengakibatkan baterai cepat rusak.

5. Pilih Charger yang bergaransi

Garansi Charger berguna agar Anda bisa mengajukan perbaikan atau penggantian pengisi daya tersebut dengan yang baru jika terjadi masalah.

Tentunya, untuk itu Anda juga perlu membaca dengan saksama syarat dan ketentuan untuk bisa melakukan klaim garansi pengisi daya yang Anda beli.