5 Rekomendasi Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat

187

Salat lima waktu dalam sehari merupakan salah satu rukun Islam. Dalam menjalankan ibadah salat, penting pula untuk mengetahui arah kiblat yang benar.

Sebab, para ulama sepakat bahwa dalam keadaan normal, salat hanya sah jika menghadap kiblat. Kecuali, bagi mereka yang salat saat keadaan mendesak seperti kondisi perang atau berada di atas kendaraan untuk perjalanan jauh.

Untuk menentukan arah kiblat salat memang tidak bisa sembarangan. Namun, ada cara yang bisa dilakukan. Salah satunya, dengan bantuan aplikasi di smartphone.

Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat Salat sebenarnya banyak tersedia di Playstore dan Appstore. Berikut diantaranya :

1. Qibla Compass – Prayer Times, Quran, Kalma, Azan
Aplikasi Qibla Compass wajib dicoba agar kamu tidak ketinggalan waktu salat dan tidak bingung menentukan arah kiblat.

Qibla Compass dilengkapi dengan fitur lain seperti Al-Qur’an, waktu salat, adzan, terbit dan terbenam matahari, kumpulan hadits hingga Asmaul Husna. Ada pula beragam pilihan tema yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Tak hanya di Indonesia, aplikasi penunjuk arah kiblat ini dapat digunakan di seluruh penjuru dunia.

2. Muslim Pro
Selain penunjuk arah kiblat, aplikasi Muslim Pro dilengkapi dengan Al-Qur’an beserta tanda tajwidnya. Jadi, sangat membantu untuk urusan salat dan mengaji.

Menariknya, kamu bisa mendengarkan suara adzan di daerah kamu berada. Cocok banget dicoba ketika sedang dalam perjalanan jauh.

3. Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan
Para pengguna Android, aplikasi Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan bisa dijadikan pilihan penentu arah kiblat terbaik dan akurat.

Diciptakan oleh developer Andi Unpam, kamu tak perlu khawatir lagi menetapkan arah kiblat di segala situasi, bahkan ketika berada di tempat asing sekalipun.

4. Umma: Komunitas & Gaya Hidup Muslim
Diciptakan oleh developer Muslim Ummah, aplikasi Umma ini sudah diinstal lebih dari 1 juta umat Muslim.

Platform Umma terdiri dari fitur-fitur dan pengetahuan untuk membantu pelaksanaan aktivitas sehari-hari bagi umat Muslim.

Di antaranya, fitur Al-Quran, waktu salat, notifikasi adzan, petunjuk arah kiblat, artikel Islam, serta fitur komunitas untuk berbagai informasi lainnya.

5. Jadwal Sholat

Aplikasi ini umumnya digunakan untuk mengetahui waktu shalat, namun terdapat fitur menentukan arah kiblat. Aplikasi ini juga memuat kutipan ayat Alquran dan berbagai notifikasi suara Adzan dan alarm. Aplikasi ini tergolong yang paling ringan untuk aplikasi penanda waktu sholat.