5 Manfaat Buah Mangga dari Perawatan Kulit Wajah hingga Rambut

104

Bukan hanya dijadikan olahan minuman jus atau rujak, buah mangga ternyata memiliki sederet manfaat yang baik untuk kulit dan rambut. Bagi Anda ingin punya kulit cerah,buah mangga bisa dijadikan masker untuk perawatan wajah, begitu juga saat Anda ingin punya rambut sehat dan tak cepat rusak.

Berikut beberapa manfaat buah mangga dari perawatan wajah hingga rambut, dilansir dari berbagai sumber :

Cerahkan kulit
Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah yang cerah. Buatlah krim yang berasal dari kulit mangga, gosokkan pada wajah. Setelah 10 menit, basuh wajah Anda dengan air.

Kurangi bintik-bintik hitam dan Jerawat
Jangan buang dulu kulit mangga, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengurangi bintik hitam diwajah. Pertama, tumbuk kulit mangga yang sudah dikeringkan. Tambahkan curd, gunakan campuran tersebut pada wajah. Dengan begitu, bintik-bintik hitam pada kulit Anda akan berkurang. Sedangkan untuk menghilangkan jerawat, rebus potongan buah mangga, haluskan, kemudian aplikasikan pada wajah. Setelah beberapa menit, basuhlah wajah Anda.

Pembersih wajah
Campurkan sedikit tepung terigu ke dalam satu sendok teh jus mangga. Gosokkan pada wajah, kemudian bilas hingga bersih setelah beberapa menit.

Kondisioner rambut
Mangga dapat Anda diaplikasikan sebagai kondisioner rambut. Ambil telur dan pisahkan antara kuning dan putih telurnya. Campurkan satu sendok makan jus mangga ke dalam kuning telur, aduk rata. Balurkan pada rambut Anda dan bilaslah hingga bersih setelah beberapa menit.

Menghilangkan komedo
Sementara untuk menghilangkan komedo, campurkan jus mangga dengan beberapa sendok teh susu dan madu. Kemudian, aduk rata. Gunakanlah sebagai scrub untuk kulit wajah Anda.(*)