5 Cara menghindari Perasaan “Galau” Agar Fokus dalam Karir

92

Perasaan cemas dan galau terkadang membuat pekerjaan terganggu, cobalah untuk berhenti mulai sekarang. Kebiasaan mudah galau itu terjadi karena hati yang terlalu rapuh.

Selain mengganggu fokus Anda dalam bekerja, perasaan galau juga dapat berdampak pada lingkungan sekitar Anda. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar Anda tidak mudah galau dalam menjalani hidup ini. Berikut tips untuk menghindari perasaan galau agar tidak mengganggu produktifitas Anda :

Hindari keinginan yang berlebihan
Ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan berlebihan akan menyebabkan Anda kecewa secara mendalam jika mengalami kegagalan. Hal tersebut membuat diri Anda menjadi mudah galau karena kekecewaan akibat ketidak berhasilan itu. Maka dari itu cobalah untuk bersikap biasa-biasa saja dalam mengharapkan sesuatu. Lagipula segala hal yang Anda harapkan pasti akan tergapai jika diperjuangkan dengan maksimal.

Bersikaplah lebih realistis
Selain karena keinginan yang berlebih, banyak orang yang mengaitkan istilah galau dengan kegagalan. Hal itu sebenarnya masuk akal karena kebanyakan orang akan mudah tersentuh hatinya jika hal tersebut berhubungan dengan asmara. Apalagi ketika sang pasangan tidak membalas, Anda pasti akan meratapi keadaan itu berbulan-bulan. Maka dari itu cobalah untuk lebih bersikap realistis dengan tidak terlalu over. Sekali lagi ingatlah bahwa segala hal harus dilakukan sesuai porsi agar hasilnya optimal.

Bersosialisasi dengan lingkungan sosial
Ketika Anda bersosialisasi dan memiiki banyak teman, hari-hari pasti akan seribu kali lebih menarik karena ada beragam cerita yang bisa Anda rasakan. Oleh karena itu mulailah untuk lebih membuka diri di lingkungan sosial. Jangan terlalu sering menyendiri karena hal tersebut akan membuat mudah mengingat sesuatu yang buruk. Sebaiknya Anda menghabiskan waktu dengan hang out ataupun memiliki proyek bersama teman-teman.

Fokus pada Target
Hal yang wajib dilakukan agar gak mudah galau adalah Anda harus bisa fokus terhadap proses pencapaian mimpi. Percayalah bahwa hal itu akan membuang semua pikiran buruk yang dapat memberikan pengaruh terhadap rasa kecewamu untuk timbul. Anda akan menjadi orang yang bisa meraih kesuksesan secara mudah. Jika hal itu terjadi, Anda pasti menjadi manusia yang bahagia sehingga pikiran untuk galau pun hilang. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk fokus pada jenjang karier Anda.

Hindari overthinking
Salah satu penyebab terbesar dari kebiasaan mudah galau adalah overthinking, memang untuk terlepas dari kebiasaan itu tidaklah mudah namun mau tidak mau Anda wajib melakukannya. Jika kebiasaan overthinking itu berlangsung di malam hari, cobalah untuk tidur lebih awal. Percayalah bahwa dengan membuang kebiasaan overthinking akan membuat hidup lebih baik. Anda pasti akan membuang kebiasaan berprasangka buruk terhadap orang lain. Semoga bermanfaat.