Wujudkan Pemilu Berintegritas, Ketua Bawaslu Sulsel : Dibutuhkan Kesiapan SDM

18

BERANDANEWS – Maros, Ketua Bawaslu Sulsel HL Arumahi mengatakan, masa depan dan kelestarian Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sangat bergantung pada pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki.

“Kendati didukung dengan sarana dan prasarana serta anggaran yang memadai, tetapi tanpa dukungan SDM yang handal kegiatan pengawasan pemilihan umum tidak akan terlaksana dengan baik,” ujarnya saat memaparkan materi Peningkatan Kapasitas SDM Pengawas dan Kesekretariatan di Kantor Bawaslu Maros, Selasa (29/6).

Selain itu Arumahi menambahkan, Bawaslu merupakan penyelenggara pemilu bersama KPU dan DKPP yang dituntut untuk mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang berintegritas. Dan untuk mewujudkan hal tersebut tidak terlepas dari kesiapan SDM Pengawas serta didukung sekretariat Bawaslu dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Sumberdaya di Bawaslu harus mampu melaksanakan tugas pencegahan, pengawasan, dan penindakan pelanggaran sekaligus. Mengerjakan dua tugas bahkan lebih dalam satu waktu. Dan tugas ini tentunya bukanlah hal yang mudah karena berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak dan tahapan pemilihan umum,” tambahnya.

Ketua Bawaslu Sulsel HL Arumahi saat membawakan Materi

Menurutnya upaya untuk meningkatkan kapasitas SDM pengawas pemilu akan terus digerakkan melalui program-program seperti bimbingan teknis, rapat koordinasi dan melakukan penilaian kinerja secara berjenjang sesuai dengan pedoman yang ditetapkan Bawaslu RI.

“Membangun SDM di Bawaslu yang profesional dengan kompetensi tinggi perlu betul-betul dihayati oleh setiap perangkat kelembagaan dalam menjabarkan tugas pengawas pemilu,” tutup Arumahi.(*)