Work From Home, Facebook rilis fitur Video Conference

152

Adanya kebijakan bekerja dari rumah akibat Pandemi Covid-19, banyak yang memanfaatkan Aplikasi Zoom menjadi salah satu aplikasi konferensi video untuk bekerja melalui video konferensi. Aplikasi konferensi video banyak digunakan untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga dan rekan kerja.

Facebook tampaknya memanfaatkan situasi tersebut dengan merilis layanan Messenger Room. Layanan konferensi video ini dapat digunakan hingga 50 peserta dan gratis.

Layanan tersebut dapat diakses melalui aplikasi Facebook ataupun Messenger. Pada aplikasi Facebook, Messenger Room dapat dibuat melalui halaman Kabar Berita, Grup, dan Acara. Kabarnya Messenger Room juga akan diperluas ke Instagram Direct, WhatsApp, dan bahkan Portal (produk perangkat keras Facebook).

Untuk soal privasi dan keamanan, Facebook telah menerapkan langkah-langkah privasi dan kontrol pada layanan. Isu keamanan dan privasi tampaknya menjadi perhatian Facebook saat ini untuk mengembalikan kepercayaan pengguna.

Dengan layanan Room, pengguna dapat mengunci, menghapus peserta, melaporkan dan memblokir penyusup, dan juga dengan mudah meninggalkan Room. Selain itu, informasi Facebook peserta tidak akan dibagikan dengan peserta lain yang bukan teman mereka di jejaring sosial.

Selain itu, Facebook berjanji bahwa keberadaan iklan di platformannya tidak akan menggunakan data apa pun yang dikumpulkan dari Room untuk menargetkan pengguna untuk iklan, atau menampilkan iklan di aplikasi itu sendiri.